Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPOM Temukan Makanan Habis Izin Edar di Swalayan Pati

0 564

MURIANEWS.com, Pati – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah swalayan di Kabupaten Pati. Ditemukan adanya beberapa produk yang telah habis izin edar.

Ini ditemukan, saat BPOM melakukan pemeriksaan di tiga swalayan besar yang ada di Pati. Yakni di Surya Baru, Luwes dan ADA Swalayan.

Staf BPOM Semarang, Rina Nuryati mengatakan, ada beberapa produk olahan yang izin peredarannya sudah habis. Sehingga, produk tersebut sebenarnya tidak boleh lagi dijual, kecuali ada izin baru lagi.

“Kalau izin edar dari BPOM sudah habis, tidak ada jaminan kualitas mutunya. Sehingga, kami merusak kemasan itu agar tidak dijual lagi,” ungkapnya, Selasa (21/5/2019).

Dalam sidak itu, BPOM juga menemukan beberapa pangan industri rumah tangga (PIRT) yang ternyata izin edarnya sudah tidak berlaku, tetapi memakai kemasan lama. Sedangakan yang bersangkutan telah melakukan izin baru untuk produknya.

“Untuk hal ini, nantinya akan kami kembalikan pada Dinas Kesehatan untuk melakukan edukasi sarana yang bersangkutan,” katanya.

Selain itu, BPOM juga menemukan beberapa kemasan kaleng yang penyok. Tetapi pihaknya langsung merusak kemasan kaaleng tersebut agar tidak dijual kembali. “Untuk makanan yang kedaluwarsa dan rusak parah, kami tidak temukan,” ungkapnya.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat lebih jeli untuk melakukan pengecekan produk makanan sebelum membelinya. Menurutnya, pengecekan bisa dilakukan melalui aplikasi Cek BPOM maupun melalui situs www.pom.co.id.

“Nanti bisa dilihat, apakah produk makanan olahan iyu izinnya masih berlaku atau tidak,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.