Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinkes Sisir Jajanan Berbahaya dan Kedaluwarsa di Swalayan Pati

0 100

MURIANEWS.com, Pati – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati mengerahkan petugasnya untuk menyisir makanan atau jajanan berbahaya dan kedaluwarsa. Pemeriksaan tak hanya dilakukan di pasar-pasar tradisional, tetapi juga menyasar ke toko modern atau swalayan.

Seperti yang dilakukan Selasa (21/5/2019) sejumlah petugas Dinkes Pati menyisir sejumlah swalayan yang ada di Pati. Sidak dilakukan untuk memastikan produk makanan yang dijual masih layak konsumsi.

Kasi Kefarmasian dan Alkes DKK Pati Endri Jatmiko mengatakan, sidak tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan menjelang Lebaran. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir akan ada makanan yang kedaluwarsa.

“Sidak yang kami lakukan terkait produk makanan apakah sudah kedaluwarsa atau tidak. Tadi kami juga membuka salah satu parsel, ternyata masih layak,” katanya di sela-sela sidak di Surya Baru Swalayan, Selasa (21/5/2019).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar apabila menemukan makanan yang sudah kedaluwarsa, segera mungkin untuk melapor. Mengingat, makanan yang sudah kedaluwarsa juga berbahaya apabila dikonsumsi.

Selain itu, terkait perizinan yang telah habis, Endri menyebut pihaknya akan melakukan pendekatan kepada produsen agar secepatnya mendapatkan izin. Pihaknya juga akan mendampingi agar berjalan dengan baik sesuai perizinan yang ada.

“Jika nantinya ditemukan banyak permasalahan, maka kami akan membuat teguran. Kami dari dinas kesehatan akan memberi masukan, mengawasi dan mendampingi apabila terjadi sesuatu yang kurang pas,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoh

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.