Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

H-13, Belum Ada Lonjakan Pemudik yang Melintas di Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Hingga H-13 Lebaran 2019, situasi lalulintas di Kabupaten Kudus masih terpantau ramai lancar. Belum ada lonjakan kendaraan ber plat luar daerah yang hilir mudik ke dalam maupun luar Kota Kretek.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Putut Sri Kuncoro menyatakan jika hingga pagi ini belum terjadi lonjakan yang berarti. Mobil-mobil berplat selain K dan H masih jarang ditemukan hilir mudik di Kudus.

“Belum ada kenaikan,” lanjutnya.

Hanya, pihaknya tetap mempersiapkan berbagai kelengkapan terkait kesiapan mudik di Kudus. Mengingat Kudus sendiri berada di pantura timur yang sering dilalui para pemudik. Baik dari arah barat maupun timur.

“Tetap kami siapkan segala hal terkait kesiapan mudik,”  ucap Putut.

Koordinasi dengan pihak-pihak terkait pun terus digencarkan. Langkah lanjutan seperti pengecekan kendaraan, supir, serta pemasangan rambu penunjuk jalan alternatif akan segera dilakukan setelah perundingan.

Terkait puncak arus mudik Lebaran 2019, para kendaraan luar daerah akan memadati dan hilir mudik di Kudus mulai h-7 lebaran mendatang. Pada saat itu, ia pastikan semua kelengkapan dan persiapan telah rampung dikerjakan.

“Kami berupaya mencegah sedini mungkin supaya tak terjadi masalah di kemudian hari,” ujar Putut.

Sebelumnya, Kepala Dishub Kudus, Abdul Halil menyatakan jalur alternatif telah pihaknya siapkan. Jalur, bisa digunakan jika jalan utama pemudik mengalami kemacetan parah.

Adapun jalur tersebut dari arah Pati ke arah Semarang dapat menggunakan jalur alternatif melewati pertigaan Desa Terban (Jekulo)- masuk Desa Sidomulyo, Bulungcangkring, Sadang dan tembus Mejobo, lurus hingga perempatan  traffic light Jalan Lingkar Tenggara.

Sedang jika pada arah Terban sedang terjadi kemacetan parah, para pemudik bisa melewati jalur alternatif yakni dengan melalui perempatan Krawang (Jekulo)- Desa Tanjungrejo (Jekulo)-Kandangmas dan Tergo (Dawe)-sebelum ke arah Pati.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...