MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasca-Putusan Pemilu, TNI dan Polri di Pati Gelar Pasukan

0 89

MURIANEWS.com, Pati – KPU RI telah mengumumkan hasil Pemilu 2019 pada Selasa (21/5/2019) dini hari tadi. Menindaklanjuti pengumuman itu, jajaran Polres, Kodim dan Satpol PP Pati menyatakan siap bertindak jika ada potensi gangguan keamanan di wilayah ini.

Pagi tadi, pasukan gabungan dari tiga unsur tersebut juga menggelar apel gelar pasukan. Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek persiapan personel dan sarana prasarana.

Selain itu juga dalam rangka mempersiapkan pengamanan pascapengumuman pemilu oleh KPU RI.

“Kita ketahui bersama bahwa KPU tadi malam telah menyampaikan hasil rekapitulasi. Kita selaku aparat TNI maupun Polri harus siap mengamankan pascapengumuman tersebut,” katanya.

Ia menegaskan, jika ada masyarakat atau sekelompok orang yang tidak terima dengan hasil rekapitulasi KPU tersebut, diminta mengikuti jalur hukum. Sehingga tidak membuat kegaduhan di masyarakat apalagi memprovokasi.

“Apabila di masyarakat ada desas-desus atau masyarakat yang kurang puas agar menyelesaikan dengan konstitusional, setiap konstentansi pasti ada kalah dan menang,” terangnya.

Lebih lanjut, TNI Polri dan instansi terkait harus siap mengamankan pascapenghitungan KPU dengan berbagai cara. Salah satunya menggencarkan imbauan-imbauan kepada masyarakat baik melalui media mainstream atau online.

“TNI Polri diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan, baik personel maupun mako. Mari kita semangat memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat,” ajaknya.

Jon Wesly juga menegaskan, jika terjadi kegentingan akibat putusan pemilu ini, jajaran Polri dan TNI siap menggelar sistem pengamanan kota (sispamkota).

“Mari bersama – sama bersinergi untuk siap mengamankan pascapengumuman hasil rekapitulasi pemilu di tingkat nasional dan khususnya di wilayah kabupaten Pati agar tercipta situasi aman dan kondusif,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.