Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

9.953 Rumah Tangga Miskin di Blora Bakal Dapat Bantuan Ternak Ayam Joper

0 76

MURIANEWS.com, Blora – Bantuan ternak ayam Jowo Super (Joper) dari kementerian pertanian melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) akan diberikan pada ribuan rumah tangga miskin (RTM) di Blora. Bantuan ini dalam waktu dekat akan disalurkan pada penerima melalui Balai Besar Veteriner Wates.

Dalam rangka pelaksanaan program tersebut, Pemkab Blora telah melangsungkan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, Senin (20/5/2019). Koordinasi ini dihadiri Bupati Blora Djoko Nugroho, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Blora.

Kepala Balai Besar Veteriner Wates Bagoes Poermadjaja menyampaikan, program BEKERJA berupa pengembangan ternak unggas untuk RTM, yang dalam hal ini ayam joper merupakan salah satu bentuk dukungan Kementerian Pertanian dalam hal pengentasan kemiskinan di daerah. Kegiatan ini berasal dari Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, yang dalam pelaksanaannya diserahkan kepada Balai Besar Veteriner Wates.

Menurutnya, program ini akan diberikan kepada 9.953 RTM yang ada di Kabupaten Blora. Setiap RTM akan menerima bantuan 50 ekor ayam joper, sekaligus pakan, obat-obatan dan pelatihan pembuatan kandangnya secara gratis.

“Total akan ada 497.650 ekor ayam yang dibagikan kepada RTM di Blora. Setelah dibagikan, masing-masing RTM akan didampingi untuk pengembangannya. Diharapkan pengembangan ternak ayam joper ini bisa berkelanjutan dan mendongkrak penghasilan ekonomi RTM sehingga bisa keluar dari garis kemiskinan,” jelasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Blora Gundala Wijasena menegaskan, bantuan program BEKERJA ini akan diprioritaskan untuk 17 desa yang telah dipetakan Pemkab Blora. Baik, desa miskin kategori I maupun II.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho pun menyambut positif program BEKERJA yang diberikan Kementerian Pertanian untuk Kabupaten Blora tersebut. Menurutnya, program itu dinilai bagus dan harus didukung penuh agar sasaran pengentasan kemiskinan di Kabupaten Blora benar-benar tercapai.

“Program pengentasan kemiskinan berupa bantuan ternak ayam untuk warga miskin dari Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Veteriner Wates ini harus dikawal bersama. Camat, Kades, bersama Pendamping PKH, Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus bisa sinergi agar program terlaksana dengan baik, tepat sasaran dan berhasil mengurangi kemiskinan hingga dua digit,” tandasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.