Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jembatan Tanggulangin Dibuka untuk Umum Sore Nanti

0 337

MURIANEWS.com, Kudus – Jembatan Kolonel Sunadar Tiga atau Jembatan Tanggulangin rencananya akan dibuka untuk umum sore nanti (20/5/2019). Sesuai jadwal, open traffic jembatan tersebut akan dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB. Artinya, kendaraan umum bisa melintas di jembatan berpanjang total 600 meter tersebut.

Hasil dari loading test Sabtu (18/5/2019) kemarin juga telah keluar. Hasil, menyatakan jembatan pengganti Tanggulangin Dua tersebut sudah layak dan telah siap untuk dilewati berbagai jenis kendaraan.

Teddy Rahman Humas PT Duta Mas Indah selaku kontraktor pelaksanan pembangunan jembatan menyatakan hingga kini hasil masih dibawa Kementrian PU. Hasil akan diumumkan pada open traffic sore nanti.

“Hanya secara keseluruhan menyatakan layak pakai,” ucapnya.

Jembatan berdesain Steel I Girder pertama dan satu satunya di Jawa Tengah tersebut siap untuk menyambut arus mudik maupun arus balik lebaran 2019 mendatang. Pengerjaan di sisi titik pendekat (orpit) dan titik akhir (sta) pun telah rampung dikerjakan.

“Material bekas pembangunan sudah kami bersihkan,” lanjutnya.

Tedy menambahkan, pembukaan jembatan akan diawali dengan syukuran kecil-kecilan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan open traffic jembatan. Hanya, pelaksanaannya akan bersifat uji coba. Mengingat penyerahan resmi kontraktor pelaksana pada pemerintah, baru dilaksanakan Agustus nanti, sesuai akad kontrak.

“Kami tetap menyebutnya uji coba, sekalipun implementasinya sudah dibuka untuk umum maghrib nanti,” tandas Tedy.

Sebelumnya, dua uji tes telah dilaksanakan pada inti jembatan sepanjang 17 meter tersebut. Dua uji tes tersebut adalah Uji Statis dan Uji Dinamis.

Uji Dinamis diimplementasikan dengan cara truk bertotal berat 16 ton di jumping pada satu tumpu di tengah jembatan. Sedang Uji Statis diimplementasikan dengan cara menaruh beban kendaraan seberat 350 ton pada titik tengah jembatan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.