Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiap Hari 4 Pasangan di Jepara Cerai, Dekan Unisnu Sebut Ada Perubahan Moral

0 1.047

MURIANEWS.com, Jepara – Fakultas Syariah Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menyoroti tingginya angka perceraian di Kabupaten Jepara. Hal itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Mayadina Rahma Musfiroh, Senin (20/5/2019).

Penyataan Mayadina ini disampaikan dalam penutupan Syariah Ekspo, yang digelar Fakultas Syariah Unisnu Jepara. Menurut Mayadina, tingginya angka perceraian di Kabupaten Jepara tidak lepas dari perubahan moral generasi bangsa.

Pegerseran zaman juga menjadi salah satu faktor meningkatnya angka perceraian di Jepara. Zaman telah memberi perubahan bagi nilai pikir dan nilai sosial bagi masyarakat. Perubahan zaman juga memberi perubahan bagi nilai budaya masyarakat saat ini.

“Kita tentu saja prihatin. Faktanya, di Jepara paling tidak ada 4 kasus perceraian setiap harinya. Perubahan zaman membawa perubahan moral generasi muda. Sehingga banyak terjadi peningkatan angka pernikahan di bawah umur, dan berdampak pada perceraian juga,” ujar Mayadina Musfiroh.

Secara terpisah, Sekda Jepara Edy Sujatmiko menyatakan, Pemkab Jepara menyayangkan tingginya angka perceraian di Kabupaten Jepara. Dari sisi agama dan sosial, fakta ini tentu sangat disesalkan.

Baca juga: Di Jepara Banyak Istri yang Minta Cerai, Ternyata Ini Penyebabnya

Sesuai dengan data yang ada, di Kabupaten Jepara, dalam sebulan angka perceraian mencapai sekitar 200-240 kasus. Bahkan dalam banyak kasus, pihak istri tidak segan mengajukan permohonan gugatan untuk cerai.

“Bulan Ramadan ini mudah-mudahan bisa menjadi momen yang baik. Karena pada saat Ramadan ini angka perceraian mengalami pengurangan antara 100-150 kasus. Semoga Jepara sejahtera tanpa diikuti banyaknya angka perceraian,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.