Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu dan PWI Gelar Evaluasi Pemilu di Pati, Ini Hasilnya

0 61

MURIANEWS.com, Pati – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati melakukan evaluasi terkait proses pelaksanaan pemilu serentak 2019. Dalam evaluasi itu, ternyata ada banyak catatan  yang dihasilkan.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, salah satu catatan yang paling penting adalah pada masa kampanye. Dalam regulasi sudah jelas bahwa kampanye tidak diperbolehkan membawa anak kecil.

“Faktanya, dalam kampanye kemarin banyak menyertakan anak-anak kecil. Selain itu, konvoi juga tidak diperbolehkan, tetapi ternyata masih banyak yang melakukan konvoi,” katanya dalam acara Rapat Kerja Teknis Bersama Media di Safin Hotel Pati, Senin (20/5/2019).

Selain hal tersebut, yang dirasa perlu untuk dilakukan evaluasi adalah keterbatasan pihak pengawas maupun penyelenggara.

Mengingat pemilu yang dilakukan secara serentak dengan jumlah surat suara yang banyak, tentu akan merepotkan penyelenggara, terutama di tingkat bawah.

Terbukti, ada banyak petugas TPS yang sakit lantaran kelelahan saat pemungutan suara berlangsung. Bahkan ada juga yang hingga meninggal dunia.

“Pelaksanaan pemilu serentak ini juga patut kita evaluasi. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, ternyata pemilu serentak juga kurang efektif,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Pati M Noor Efendi mengatakan, meski secara pelaksanaan pemilu sudah dikatakan selesai, tetapi dampak yang dihasilkan masih menggaung hingga saat ini.

“Peranan media selama proses pemilu ini, secara nasional kita melihat memang lebih mengerikan. Tetapi di tingkat lokal, peran media justru cukup membantu para penyelenggara,” katanya.

Biar bagaimanapun, media dalam pemilu ini harus bersikap independen, begitu juga dengan wartawannya. Tetapi proses independensi selama ini sudah terjaga dengan baik.

“Harapan kami, ke depan ada sinergitas antara penyelenggara pemilu dengan wartawan. Hal ini agar proses penyampaian informasi bisa berlangsung secara intensif,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.