Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Bahan Pokok di Pasar Jepara Belum Alami Lonjakan Serius

0 98

MURIANEWS.com, Jepara – Harga-harga kebutuhan pokok di pasar-pasar Kabupaten Jepara masih stabil hingga pertengahan Ramadan saat ini. Meskipun ada fluktuasi harga, semuanya masih dalam batas-batas kewajaran.

Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi bersama sejumlah pejabat melakukan monitoring di sejumlah pasar tradisional, Senin (20/5/2019). Di antaranya, Pasar Tanggulasi, Pasar Mlonggo dan Pasar Jepara I.

Dian Kristiandi menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan berkaitan dengan ketersediaan kebutuhan pokok. Selain itu juga untuk memastikan kelancaran dari distribusi dan ketersediaan stoknya. Semua dicek secara langsung ke para pedagang dan distributor.

“Jadi untuk memastikan semuanya di hari-hari menjelang Lebaran Idul Fitri ini. kami melakukan monitoring. Hasilnya, sejauh ini masih baik, normal dan tidak ada masalah,” ujar Dian Kristiandi.

Dari temuan yang ada di lapangan, belum ada lonjakan harga yang terjadi. Baik kenaikan ataupun penurunan yang drastis belum ada. Sebagian besar harga-harga berada dalam kisaran yang wajar.

kenaikan dan penurunan disebutkan masih dalam batas yang wajar. Misalnya untuk komoditas telur, kalau hari biasa harganya mencapai kisaran Rp 25ribu setiap kilogram, maka harga yang terbentuk saat ini berkisar antara Rp 19 ribu sampai Rp 20 ribu setiap kilogramnya.

“Kenaikan atau penurunan harga yang dratis tidak terjadi untuk saat ini. Semuanya masih dalam tataran wajar. Ada yang naik ada juga yang turun, semua masih dalam batas wajar,” ujarnya.

Harga beras kelas premium yang biasanya dibanderol Rp 15 ribu setiap kilogramnya, saat ini dijual di kisaran Rp 13 ribu setiap kilogramnya. Beras lokal asal Jepara juga relatif berada dalam kisaran harga antara Rp 8 ribu sampai Rp 8.500 per kilogramnya.

Termasuk untuk harga bawang putih. Harga yang terbentuk berada dalam kisaran Rp 20 ribu-Rp 21 ribu setiap kilogramnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.