Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.153 Orang di Grobogan Positif HIV/AIDS, 76 Di Antaranya Anak-anak

0 5.295

MURIANEWS.com, Grobogan – Kasus HIV/AIDS di Grobogan tampaknya harus mendapatkan perhatian yang sangat serius. Sebab, jumlah kasus yang ditemukan hingga saat ini terus bertambah.

“Kasus HIV/AIDS ini memang perlu mendapatkan perhatian serius. Sebab, jumlah kasus HIV/AIDS yang berhasil ditemukan sudah cukup banyak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo, Sabtu (18/5/2019).

Menurutnya, jumlah kasus HIV/AIDS yang ditemukan dari 2002 sampai saat ini ada 1.153 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 76 orang di antaranya adalah anak-anak.

Penderita HIV/AIDS ini berasal dari berbagai kalangan dan usia. Ada yang anak-anak, ibu rumah tangga, dewasa, dan orang tua.

“Jumlah penderita HIV/AIDS ini juga sudah banyak yang meninggal. Kondisi ini harus jadi perhatian kita bersama,” katanya.

Slamet menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penderita HIV/AIDS tersebut. Mulai dari sosialisasi ke berbagai elemen masyarakat, kampanye dan pembagian kondom diberbagai titik, serta pengecekan kesehatan terhadap para PSK dan lainnya dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat. Seperti, LSM, ormas, tokoh agama, komunitas, sekolah, serta dinas terkait.

Salah satu upaya yang cukup efektif untuk bisa terhindar dari penularan HIV/AIDS bisa dilakukan dari masing-masing individu. Caranya, dengan berperilaku hidup sehat dan menjauhi pergaulan bebas.

“Salah satu sarana penularan penyakit ini adalah melalui hubungan seksual dengan banyak pasangan. Untuk itu, hindari perilaku seperti ini jika ingin terhindar dari HIV/AIDS,” tegasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.