Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Loading Test Jembatan Tanggulangin Kudus Dilakukan, Dua Tes Uji Dicobakan

0 2.665

MURIANEWS.com, Kudus – Loading test Jembatan Kolonel Sunandar Tiga atau jembatan Tanggulangin mulai dilangsungkan, Sabtu (18/5/2019). Kegiatan yang ditujukan untuk pengecekan kesiapan jembatan tersebut akan memakan waktu hingga pukul 18.00 WIB nanti.

Sederet uji tes akan dilakukan guna mengetahui seberapa kuat infrastruktur yang mulai dibangun pada akhir tahun 2018 tersebut. Uji tes, akan meliputi Uji Statis dan Uji Dinamis.

Tedy Rahman selaku humas PT Duta Mas Indah yang juga kontraktor pembangun jembatan menjelaskan, uji statis yang akan dilaksanakan adalah berupa uji jumping . Uji tersebut diimplementasikan dengan cara truk dengan total berat 16 ton pada satu tumpu di tengah jembatan.

“Gampanganya seperti saat kendaraan melewati polisi tidur, hanya ini lebih tinggi,” ucapnya.

Alat tumpu uji jumping dipasang di titik tengah jembatan Tanggulangin Tiga. (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Jembatan kemudian akan memantul ke atas dan ke bawah. Pantulan tersebutlah yang akan diukur dan dijadikan salah satu patokan terkait kelayakan dan kekuatan jembatan.

“Itu menjadi salah satu patokannya,” ucap Tedy.

Sedang uji dinamis akan melibatkan 14 truk tronton. Masing-masing truk akan memiliki berat rata-rata 25 ton. Mereka akan hilir mudik di area jembatan dan sesekali berhenti sementara di tengah jembatan untuk uji beban.

“Total untuk beban di tengah jembatan akan diujicobakan sebesar 233 ton,” lanjutnya.

Hasil dari loading test siang ini akan segera diumumkan. Dengan tujuan masyarakat bisa mengetahui dan tidak meragukan kualitas jembatan yang dibangun dengan anggaran Rp 115,55 miliar dari Pemerintah Pusat melalui APBN 2017 hingga 2019 tersebut.

“Secepatnya kami rilis kekuatannya,” lanjut Tedy.

Persiapan loading test sendiri telah disiapkan sejak Jumat (17/5/2019) kemarin. Berbagai material yang menumpuk di seuputaran jembatan juga mulai disterilkan. Sedang pengerjaan infrastuktur penunjang lain dipusatkan di bawah jembatan, titik pendekat, dan titik akhir jembatan.

“Pengerjaan lain tetap jalan sembari kita laksanakan loading test ,” lanjutnya.

Tak ada perubahan pada target open traffic. Sesuai rencana, pembukaan arus lalu lintas pada jembatan akan dilaksanakan pada Senin, (20/5/2019) mendatang. Infrastruktur penunjang juga terus dikebut.

“Hingga kini tidak ada perubahan, tetap Senin besok,” ujar Tedy.

Jembatan Kolonel Sunandar Tiga atau Tanggulangin C tersebut memiliki panjang sekitar 170 meter dengan lebar 11 meter. Sedang panjang total dari mulai perkerasan jalan pendekat (oprit) jembatan hingga stasiun (Sta) nol mencapai 600 meter.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.