MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Kriminalitas, Polres Kudus Perketat Pengawasan Pusat Keramaian dan Fasilitas Publik

0 56

MURIANEWS.com, Kudus – Pengawasan sejumlah pusat keramaian dan fasilitas publik jelang Lebaran mulai diperketat. Tujuannya, untuk mengantisipasi peningkatan kriminalitas di Kota Kretek.

Kapolres Kudus AKBP Saptono mengatakan peningkatan keamanan dilakukan secara proporsional dan profesional supaya tidak memunculkan kesan Kudus dalam kondisi bahaya. Walaupun kondisi Kabupaten Kudus saat ini masih terbilang aman.

“Antisipasi harus dilakukan. Kami tak mau kecolongan,” ucapnya.

Institusi yang ia pimpin juga siap all out dalam mengamankan Lebaran tahun ini. Mengingat pengamanan tahun ini sedikit berbeda, karena baru saja menyelenggarakan Pilpres dan Pileg.

“Kami pastikan para personel siap menuntaskan tugas negara berikutnya,” jelas Saptono.

Untuk sementara, patroli anggota akan dipusatkan pada fasilitas publik di seputaran perkotaan dan pinggiran kota. Belasan personel Polres Kudus telah ditugaskan berkeliling menggunakan motor. Dengan tujuan, cakupan wilayah patroli bisa lebih luas.

“Semua sudut di Kudus akan kita jangkau,” lanjutnya.

Patroli akan diperluas ketika angkutan Lebaran memulai mobilitasnya. Ia memastikan akan ikut memantau jalur mudik. Utamanya pada Pantura Timur, mulai dari perbatasan Demak-Kudus hingga Kudus-Pati.

“Kami optimalkan personel yang dimiliki untuk pengamanan Lebaran,” lanjutnya.

Dengan tujuan, potensi gangguan kriminalitas bisa diwaspadai. Kelancaran arus lalu lintas juga dicermati. Aksi-aksi kejahatan yang berpotensi meningkat jelang arus mudik dan balik seperti bajing loncat juga diwaspadai.

“Semua sektor terkait hal ini akan kita amankan,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Sudiarti melalui Sekretaris Dinas, Andi Imam Santoso, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres dan Polsek serta pemerintahan desa setempat terkait pengamanan pasar.

“Penekanan keamanan diberikan pada pasar besar seperti Kliwon dan Bitingan,” lanjutnya.

Pemerintahan desa juga dilibatkan dalam hal pengamanan. Pelibatannya mendatangkan personel perlindungan masyarakat (Linmas). Karena kian hari, kian banyak pengunjung yang memadati dua kawasan di bawah ranahnya tersebut.

“Kami akan berkoordinasi dengan banyak pihak terkait hal ini,” lanjutnya.

Potensi kejahatan yang diwaspadai adalah berupa pencopetan dan pencurian, serta bentuk kriminalitas lainnya. Keberadaan personel keamanan dan tim pengamanan internal pasar dibantu Linmas diharapkan menciptakan rasa aman.

“Selain keamanan, faktor keselamatan seperti pengecekan alat pemadam kebakaran juga kami lakukan,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.