MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Kemacetan, Dishub Kudus Siapkan Jalur Alternatif

0 106

MURIANEWS.com, Kudus –  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus tengah menyiapkanj jalur alternatif bagi para pemudik yang akan melintasi Kota Kretek pada arus mudik dan balik Lebaran 2019 mendatang. Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin akan terjadi.

Kepala Dishub Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, pihaknya  bersama instansi terkait seperti Polres Kudus, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah menggelar rapat koordinasi terkait hal ini.

Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH), tim medis dan pihak terkait lain, juga dilibatkan dalam rapat koordinasi yang membahas tentang kesiapan Kudus dalam menghadapi even tahunan tersebut.

“Masing-masing instansi punya peran,” ucapnya.

Pemilihan jalan-jalan alternatif juga telah rampung dibahas. Sebanyak 20 rambu portabel juga sudah disiapkan untuk dipasang di sepanjang jalur alternatif di seputaran Pantura Kudus. Dengan tujuan bisa memudahkan para pemudik.

“Kami siapkan untuk para pemudik,” lanjutnya.

Halil menerangkan, bagi para pemudik dari Pati ke arah Semarang dapat menggunakan jalur alternatif melewati pertigaan Desa Terban (Jekulo)- masuk Desa Sidomulyo, Bulungcangkring, Sadang dan tembus Mejobo, lurus hingga perempatan  traffic light Jalan Lingkar Tenggara.

“Jalur alternatif berlaku sebaliknya dari Semarang menuju Pati,” lanjutnya.

Ia menambahkan, jika pada daerah Terban sedang terjadi kemacetan parah, para pemudik bisa melewati jalur alternatif yakni dengan melalui perempatan Krawang (Jekulo)- Desa Tanjungrejo (Jekulo)-Kandangmas dan Tergo (Dawe)-sebelum ke arah Pati.

“Pengendara bisa melewati rute tersebut,” ucapnya.

Beberapa jalan alternatif dalam kota pun disiapkan. Ketersendatan di Jalan HOS Cokroaminoto akibat penerapan satu arah di Jalan Sudirman yang sebelumnya dua arah, pada pukul 06.00 hingga 20.00 menjadi satu arah, akan diurai dengan jalan depan Pabrik Gula (PG) Rendeng ke arah tembus Jalan Mejobo.

“Jalan satu arah Sudirman, akan terus kami lakukan sosialisasi,” tadndasnya.

Sementara Kapolres Kudus AKBP Saptono mengatakan, pihaknyaakan akan menyiapkan lima posko untuk pantauan selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 mendatang. Posko akan ditempatkan di pertigaan depan Terminal Bus Induk, kawasan Hypermart, Alun- alun Simpang Tujuh, Swalayan ADA, serta perempatan Krawang Kecamatan Jekulo.

“Kami juga menempatkan petugas di sejumlah tempat keramaian seperti pasar, obyek vital dan titik-titik rawan lainnya,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.