Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ramadan, Rutan IIB Kudus Rutin Gelar Tadarusan

0 63

MURIANEWS.com, Kudus – Bulan Ramadan selalu dimaknai dengan bulan penuh berkah bagi para penganut agama Islam. Semua, berlomba untuk mencari pahala di bulan yang datang tiap satu tahun sekali tersebut.

Mulai dari anak-anak hingga para lansia, dari para pekerja hingga pengusaha, serta berbagai macam lapisan masyarakat menyikapi bulan Ramadan dengan berbagai cara yang berbeda. Tak terkecuali para penghuni Rumah Tahanan IIB Kudus.

Disela-sela aktivitasnya, para warga binaan yang mayoritas beragama muslim tersebut melakukan berbagai ibadah yang di anjurkan agama islam. Seperti salat berjamaah, hingga mengaji atau tadarusan.

Lantunan ayat suci Al-Quran terdengar merdu saat dilantunkan oleh beberapa warga binaan. Tanpa memperdulikan latar belakang kasus dan fisik yang beberapanya bertato, mereka hanya  berfokus pada ibadahnya. Dalam hal ini membaca Al-Qur’an.

Ulin Nuha, salah satu warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kudus yang rajin mengikuti tadarusan menjelaskan, pihaknya kini tengah mencoba untuk kembali ke jalan yang benar. Ilmu agama yang telah ia dapatkan sebelumnya, akan lebih ia pakai pada Ramadan kali ini.

Suasana pengajian rutin yang digelar Rutan IIB Kudus, Jumat (17/5/2019) pagi (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

“Saya mencoba untuk merubah diri saya ke arah yang lebih baik,” lanjutnya.

Intensitas mengaji dan salat berjamaah pun ia tambah. Selain karena ajakan petugas rutan dan warga binaan, penambahan intensitas beribadah dia lakukan atas keinginan diri sendiri. Dengan harapan ada perubahan pada dirinya saat hari raya nanti.

“Saya ingin menjad lebih baik lagi,” tegasnya.

Senada, Suroso warga binaan Rutan IIB Kudus yang juga seorang hafidz Al-Qur’an tersebut mengaku sangat bersyukur. Suroso merasa jika para WBP semakin rajin melaksanakan ibadahnya. Selain karena dukungan para petugas rutan, ia yakin keinginan berubah ada pada diri masing-masing WBP.

“Para warga rutan semakin agamis,” ujarnya.

Sementara, Kepala Rutan IIB Kudus Budi Prajitno mengaku senang jika para warga binaannya semakin rajin dalam beribadah. Terutama pada bulan suci ramadan. Ia juga menekankan pada para seluruh warga Rutan Kudus untuk tetap menciptakan suasana damai dan nyaman selama Ramadan 2019.

“Rasa kekeluargaan juga terus kami bangun antara petugas Rutan dan para warga binaan,” ucapnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.