MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tangani Persolan THR, Dinas Tenaga Kerja Kudus Buka Pos Pengaduan Bagi Pekerja

0 182

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Kudus menyiapkan pos pengadukan bagi pekerja atau buruh. Pos itu digunakan untuk permasalahan tunjangan hari raya (THR).

Kabid Hubungan Indutrial dan Perselisihan Ketenagakerjaan Agus Juanto menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan pos pengaduan bagi pekerja atau buruh. Pos itu untuk menampung peroalan THR bagi para pekerja. Mereka bisa mengadukan peroalan terkait THR di pos tersebut.

“Pos pengaduan itu dibuka mulai tanggal 27 Mei 2019 sampai dengan 4 Juni 2019 mendatang,” katanya saat ditemui di Kantornya, Jumat (17/5/2019).

Ia mengatakan, pengaduan itu nantinya akan menampung terkait persoalan para pekerja. Mulai dari pekerja yang belum mendapatkan THR hingga nominal THR seharusnya yang diberikan perusahaan tidak seusai.

“Silahkan kalau mau melaporkan persolan THR kepada kami,” ujarnya.

Menurutnya apabila ada perusahaan yang tidak memberikan THR. Maka perusahaan itu akan mendapatkan sanksi. Hanya, sanksinya berupa sanksi adminitrasi.

“Sanksinya ada. Sanksinya adminitrasi,” katanya.

Ditambahkan dia, pembayaran THR itu diatur dalam peraturan menteri tenaga kerja. Tepatnya, peraturan menteri ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2016 tentang tunjangan hari raya keagamaan. Maka kewajiban perusahaan memberikan THR kepada pekerja sesuai dengan ketentuan perundangan-perundangan.

Hanya, ada beberapa aturan untuk menentukan besaran THR. Bagi karyawan yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih maka diberikan sebesar satu bulan upah.

“Sedangkan pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proposional. Yakni sesuai masa kerja dengan ketentuan masa kerja dibagi 12 dikali satu bulan upah,” jelasnya.

Sementara itu, diketahui besaran upah minimum Kabupaten (UMK) tahun 2019 di Kudus sebesar Rp 2.044.467. Besara UMK ini menjadi salah satu acuan untuk memberikan THR.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.