MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dawet Siwalan, Sajian Khas Pati yang Cocok untuk Buka Puasa

0 215

MURIANEWS.com, Pati – Menu buka puasa, sudah pasti ingin yang segar, terutama minuman dingin. Inilah yang menjadi daya tarik, kenapa tiap menjelang waktu buka puas, banyak orang berjualan berbagai macam minuman menyegarkan.

Salah satunya adalah dawet siwalan. Minuman ini khas di wilayah Pati dan muncul hanya ketika bulan puasa tiba. Dawet siwalan ini bisa ditemui di beberapa titik kota, mulai dari Alun-alun hingga di pinggir jalan-jalan protokol Pati.

Namun jika ingin membuat sendiri, ternyata juga mundah. Salah satu yang membuat dawet siwalan untuk sajian buka puasa, yakni Kartini, warga Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Pati.

Dawet Siwalan ini berbeda dengan dawet pada umumnya, itu karena dawet siwalan memiliki rasa dan aroma yang khas.

“Rasa siwalannya tidak hilang, terus kenyal dan lembut. Jadi pas banget kalau buat minuman saat berbuka puasa,” ujar Kartini.

Proses pembuatannya pun tergolong mudah. Cukup sediakan buah siwalan yang sudah dikupas. Jangan lupa pula sediakan gula merah dan santan kental untuk campuran.

Sebelumnya, gula merah dicampur dengan air kemudian dipanaskan hingga gula tersebut mencair dan mendidih. Setelah gula merah mencair, kemudian dilanjutkan dengan memotong siwalan menjadi kecil-kecil.

“Untuk hasil yang lebih baik Siwalan saya potong dengan bentuk kotak kotak seperti dadu,” katanya.

Jika semua bahan sudah siap, maka dilanjutkan dengan meraciknya. Potongan buah siwalan ditambah dengan air gula merah dan jangan lupa dikasih santan, dimasukkan kedalam wadah. Agar lebih segar saat berpuasa bisa ditambahkan dengan es.

“Semua bahan yang sudah dimasukkan ke dalam wadah tersebut kemudian diaduk hingga rata. Es juga bisa dimasukkan ke dalamnya. Kalau warnanya sudah tercampur berarti dawet siwalan sudah siap untuk diminum,” terangnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.