MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus: Ada Indikasi Korupsi saat Pengisian Perangkat Desa, Laporkan

0 152

MURIANEWS.com, Kudus – Pemkab Kudus meminta masyarakat melapor jika menemukan indikasi korupsi saat pengisian perangkat desa. Pelaporan tersebut bisa dilakukan ke pemkab ataupun langsung ke pihak berwajib.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris mengatakan, pertama pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para pemerhati aspirasi publik. Menurutnya, aspirasi mereka akan disampaikan kepada Bupati Kudus.

“Kami akan membuat kajian-kajian tentang perangkat desa. Perlu digaris bawahi bahwa perekrutan desa itu adalah kewenangan penuh dari desa. Baik dari kepanitian proses pengadaan, dan pemilihan,” jelasnya kepada awak media, Kamis (16/5/2019).

Apabila ada indikasi terjadi praktik korupsi, Sam’ani meminta masyarakat untuk tidak takut melaporkan kepada pihak yang berwajib.

“Kalau memang itu ada indikasi dilaporkan saja. Bisa direkam kemudian dijadikan alat bukti untuk pelaporan kepada pihak yang berwajib. Atau bisa saja ke pemkab,” ungkapnya.

Meski begitu, ia mengakui saat ini di beberapa desa memang mengalami kekosongan perangkat desa. Bahkan ada desa yang sudah 10 tahun bekerja dengan perangkat minimalis. Oleh karena itu, ia akan segera mengusulkan untuk dilakukan pengisian perangkat desa.

“Kalau memang pelaksanaan pengisian perangkat desa sesudah atau sebelum pesta demokrasi itu tinggal orangnya saja. Yang penting tidak ada pelanggaran. Kalau ada pelanggaran langsung laporkan saja. Kami dari pemkab tidak melalukan intervensi apapun kepada desa,” tegasnya.

Lebih lanjut, secara keseluruhan untuk persiapan pengisian perangkat desa di Kudus sudah siap. Baik dari perda (peraturan daerah) hingga perbupnya (peraturan bupati) sudah siap.

“Sedangkan untuk jumlah desa yang akan melakukan pengisian perangkat desa itu ada 61 desa tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Kudus,” pungkasnya.

Sebelumnya, Lembaga pemerhati aspira publik dan aliansi LSM ormas Kabupaten Kudus menggelar audiensi di ruang setda pendopo Kabupaten, Kamis (16/5/2019). Mereka menyampaikan terkait pelaksanaan pengisian perangkat desa yang dilakukan tahapan penjaringan, penyaringan, pengangkatan, dan pelantikan.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.