MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Selain Irigasi, PDAM Bakal Manfaatkan Logung untuk Belasan Ribu Warga di Kudus

0 73

MURIANEWS.com, Kudus – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus tengah menyiapkan langkah pemanfaatan air Bendungan Logung. Selain untuk irigasi, air bendung tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan 16 ribu warga Kudus di enam kecamatan.

Direktur Utama PDAM Ayatullah Humaini mengatakan, pihaknya bersama perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana (BBWS Pemali Juana) telah memaparkan rancangannya terkait hal ini. Pemaparan ditujukan ke Pusat Air Tanah dan Air Baku pada Kementrian PUPR, awal pekan lalu.

“Kami meyakinkan pemerintah pusat jika program air baku masa depan ini sangat bermanfaat bagi publik,” ucapnya.

Humaini menjelaskan, respon baik pun diterima oleh mereka. Pemanfaatan air baku dari logung sangat pas jika dilaksanakan. Mengingat air Logung juga bersifat kontinuitas. Serta bisa menambah pasokan irigrasi dan aliran air menuju rumah warga.

“Mereka menyambut baik hal tersebut, hanya ada beberapa revisi kecil saja,” lanjutnya.

Ia menambahkan, jika sesuai kalkulasi, pihaknya akan memanfaatkan sekitar 200 liter per detik air dari logung. Jumlah tersebut rencananya akan digunakan untuk memasok kebutuhan air 16 ribu warga.

“Satu liter per detik akan digunakan untuk 80 kepala keluarga,” ucap Humaini.

Sedang wilayah cakupannya akan meliputi sejumlah desa di enam kecamatan sekaligus. Yakni di wilayah pelayanan Kecamatan Jekulo, Dawe, Bae, Mejobo, Kota dan Jati.

“Bisa mencakup 6 kecamatan sekaligus,” katanya.

Untuk teknis, penyediaan air baku, jaringan, serta reservoir akan ditangani Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana di bawah Dirjen Sumber Daya Air (SDA). Sedang Instalasi Pengolahan Air (IPA) ke distribusi akan dilakukan satuan kerja (Satker) air minum di bawah Dirjen Cipta Karya.

“PDAM akan membantu di beberapa sektor,” ucapnya

Total kebutuhan dana keseluruhan, dalam artian hingga air sampai ke pelanggan adalah mencapai Rp 150 miliar. Alokasi sebesar itu akan bersumber dari pemerintah pusat melalui dua institusi yang terlibat.

“Yakni PUPR dan Cipta Karya,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Kudus HM Tamzil memang mengharapkan agar Bendungan Logung dapat dioptimalkan dengan baik. Selain mengurangi risiko banjir dan pengembangan lahan pertanian, bendungan juga dirasa dapat memasok air baku kebutuhan masyarakat.

“Semua akan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.