Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wabup Jepara Diuntungkan dari Penahanan Ahmad Marzuqi?

0 1.843

MURIANEWS.com, Jepara – Keprihatinan mendalam mungkin saja saat ini tengah melingkupi Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jepara. Penahanan Ahmad Marzuqi, Bupati Jepara oleh KPK akan memberi sebuah perubahan dalam jalannya pemerintahan.

Namun dari prespektif yang lain, ada juga penilaian bahwa kejadian ini adalah sebuah berkah. Penahanan Ahmad Marzuqi dinilai memberikan sebuah keuntungan bagi beberapa pihak yang ada di Pemkab Jepara.

Salah satu pihak yang disebut merasa diuntungkan adalah Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Karena dengan penahanan ini, Dian bisa dipastikan akan menggantikan posisinya Ahmad Marzuqi

Menanggapi hal ini, Dian Kristiandi menyebut, sah-sah saja jika ada penilaian seperti itu. Sebagai wakil bupati, dalam kasus ini dirinya menyadari bahwa dari prespektif tersebut, dirinyalah yang disebut-sebut mendapatkan keuntungan dalam hal ini.

“Apalagi Pak Marzuqi dan saya berangkat dari kepentingan politik. Jadi wajar saja jika ada banyak prespektif yang memberikan banyak kesimpulan berbeda pula,” ujar Dian Kristiandi, Selasa (14/5/2019).

Meski demikian, Dian Kristiandi tetap menyatakan dirinya bersama Ahmad Marzuqi adalah satu pasangan dan satu tim.

Tidak sedikitpun dirinya merasa mendapatkan keuntungan dalam kasus ini. Bahwa jika akhirnya dirinya harus melakukan langkah-langkah menggantikan tugas-tugas bupati, hal itu memang merupakan kewajibannya sesuai amanat UU.

Baca juga: 

Sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pasal 66 Ayat 3 dan 4, seorang kepala daerah yang sedang menjalani proses penahanan hukum tidak boleh menyelenggarakan pemerintahan. Atas situasi ini, kewenangan kepala daerah dilaksanakan oleh wakil kepala daerah.

“Saya sudah melaporkan secara langsung ke gubernur. Hari ini juga saya instruksikan agar segera mengirim surat resmi ke Pemprov Jateng. Itu adalah bagian dari apa yang harus saya kerjakan sesuai dengan undang-undang. Itu saja. Kalau ada penilaian lain ya terserah saja,” tegas Dian Kristiandi.

Setelah berkirim surat ke Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Jepara dalam hal ini akan menunggu keputusan Gubernur Jawa Tengah. Bisa saja Menteri Dalam Negeri melalui gubernur akan segera menetapkan wakil bupati Jepara sebagai pelaksana tugas bupati Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.