MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kekuatan Jembatan Tanggulangin Bakal Diuji Coba Akhir Pekan Ini

0 6.580

MURIANEWS.com, Kudus – Pihak pelaksana pekerjaan proyek jembatan Kolonel Sunandar atau yang dikenal dengan Jembatan Tanggulangin akan melaksanakan loading test atau uji beban terhadap bentang jembatan. Rencananya loading test itu akan dilakukan pada Sabtu (18/5/2019), akhir pekan ini.

Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Underpass Karangsawah Alik Mustaqim menjelaskan, untuk progres pembangunan jembatan sudah mencapai 95 persen. Artinya tingga 5 persen lagi, jembatan itu akan rampung.

“Selanjutnya nanti kami akan melakukan loading test. Pelaksanaan pada hari Sabtu mendatang,” katanya kepada awak media saat ditemui disela-sela pembangunan jembatan Tanggulangin, Selasa (14/5/2019).

Ia mengatakan, untuk teknis loading test akan mulai disiapkan pada hari Jumat. Direncanakan ada sebanyak 25 truk dengan berat masing-masing 20 ton yang akan menguji kekuatan jembatan.

“Kami kumpulkan terlebih dahulu. Kemudian kami timbang dulu semua. Kita siapkan semuanya,” terangnya.

Setelah itu, baru kemudian pelaksanaan loading test pada hari Sabtu. Menurutnya, loading test akan dilakukan secara betahap. Baik secara statis dan dinamis.

“Statis dengan tahapan pembebenanan truk empat buah, delapan buah. Sampai dengan maksimal. Kemudian akan berkurang.  Kemudian akan diperiksa semua hasilnya. Sedangkan untuk dinamis itu menggunakan beban kejut. Dengan beban standart yang akan dijatuhkan,” ungkapnya.

Tahapan terakhir, selanjutnya akan dievaluasi terkait hasil dari loading test itu. “Akan kami evaluasi. Sabtu pelaksanaan, minggu sudah ada evaluasinya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian PUPR melakukan pemantauan pembangunan jembatan Koloner Sunandar atau yang dikenal Jembatan Tanggulangin, Selasa (14/5/2019). Dirjen Bina Marga menyebutkan jembatan itu siap dioperasikan dan selesai lebih cepat.

Seperti diketahui, proyek pembangunan jembatan Tanggulangin kali ini merupakan proyek multi years yang dianggarkan oleh Pemerintah Pusat lewat APBN sebesar Rp 115,55 miliar. Yakni tahun 2017, 2018 dan 2019.

Jembatan yang baru itu akan memiliki panjang sekitar 170 m dengan lebar 11 m, sedangkan panjang total dari mulai perkerasan jalan pendekat (oprit) jembatan hingga stasiun (Sta) nol mencapai 600 meter.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.