MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ramadan, Pendapatan Parkir Pasar Kliwon Naik Tiga Kali Lipat

0 83

MURIANEWS.com, Kudus – Pendapatan parkir mobil di parkir tiga lantai Pasar Kliwon mulai mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat selama Ramadan. Pendapatan yang awalnya berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu, kini melonjak hingga Rp 900 ribu.

“Malah terkadang bisa sampai Rp 1 juta,” kata Amir, salah satu pengelola parkir Pasar Kliwon.

Amir mengatakan, naiknya jumlah pendapatan parkir di Kliwon tak ada kaitannya dengan dengan aturan pemberlakuan satu jalur untuk Jalan Jendral Sudirman. Menurutnya, perubahan kebijakan tak berdampak banyak pada kondisi parkir yang dikelolanya.

“Biasannya yang parkir di sini adalah para pedagang dan tengkulak. Jadi tak ada kaitannya dengan jalan. Ini murni karena bulan Ramadan,” ucapnya.

Amir menambahkan, bangunan parkir tiga lantai tersebut memang selalu ramai saat Ramadan. Terlebih menjelang hari lebaran nanti. Kepadatan parkir di Kliwon akan menjadi hal yang lumrah.

“Hampir setiap Ramadan hingga jelang lebaran nanti kondisi parkir memang selalu padat,” ucapnya.

Salah satu pengunjung saat berjalan di komplek Blok A yang bakal dipasangi AC oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Tidak ada penambahan jam operasional di Pasar Kliwon. Jam operasional akan dimulai pukul 09.00 – 17.00 setiap harinya. Hanya, jika ada yang melewati batas jam parkir akan dikenakan biaya tambahan.

“Kalau seperti itu, biasanya ada biaya tambahan,” jelasnya.

Sementara Kepala Koordinator Pasar Kliwon Sugito menjelaskan, kondisi parkir di Kliwon memang sedang membludak. Kantong parkir yang disediakan oleh pihak dinas belum mampu menahan ledakan jumlah kendaraan dari tahun ke tahun.

“Kami memang kekurangan lahan parkir.

Alhasil, parkir liar pun bermunculan. Termasuk pada jalan melintang pada bawah gedung parkir Kliwon dan lahan kosong lainnya di seputaran Kliwon. Padahal, imbauan dilarang parkir sudah terpasang kendati hanya berbentuk tempelan saja.

“Kami akan bina para tukang parkir liar,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti menyatakan pengelolaan parkir di Pasar Kliwon sudah menjadi tanggungan dari pihak ketiga. Semua kebijakan yang terkait parkiran tersebut sepenuhnya di atur oleh pihak ketiga.

”Termasuk tarif parkir dan sebagainya,” tandasnya.

Seperti diketahui, gedung parkir tiga lantai Kliwon setidaknya bisa menampung seratusan mobil. Lantai dasar gedung digunakan untuk parkir kendaraan roda dua. Sedangkan lantai dua dan tiga dikhususkan untuk parkir kendaraan roda empat.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.