Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinas Perdagangan Pastikan Pedagang Pasar Rakyat Kudus Mulai Jualan Bulan Juni

0 132

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus berjnaji akan segera mengupayakan perintah Wakil Bupati Kudus HM Hartopo terkait pengisian lapak dan kios pedagang di Pasar Rakyat di Komplek Pasar Baru. Apalagi, pasar tersebut sudah siap beroperasi.

“Kami upayakan Juni sudah terisi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti, melalui Sekdinnya Andi Imam.

Ia menjelaskan, pedagang Pasar Rakyat sebenarnya sudah didata dan tinggal menempati. Hanya, mereka masih berjualan di luar Pasar Rakyat. Dimungkinkan para pedagang baru menempati pasca lebaran.

“Mungkin mereka sedang mengatur modalnya,” ucapnya

Baca Juga:

Andi tidak memungkiri jika beberapa lapak pada pasar yang dibangun dengan anggaran miliaran tersebut masih kosong. Padahal, beberapa pedagang sebelumnya ada yang diberi dua lapak. Ini karena minat berjualan di pasar rakyat masih kurang.

“Kami akui minatnya masih kurang. Mungkin karena masih baru,” katanya.

Oleh karena itu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan para pedagang yang telah mendaftar untuk berjualan di Pasar Rakyat. Sosialisasi terkait aturan dan sebagainya juga akan dilakukan supaya tidak terjadi mis komunikasi.

“Nanti setelah semuanya beres akan kami kooordinasikan dengan para pedagang,” tandasnya.

Sebelumnya, Pasar Rakyat di Kompleks Pasar Baru kini telah rampung pembangunan dan perawatannya. Sejumlah bagian yang sempat ambruk dan rusak pun sudah dibenahi dan siap huni.

Wakil Bupati Kudus, HM Hartopo mengharapkan penggunaan lapak dan kios di Pasar Rakyat di Kompleks Pasar Baru, Wergu Kulon oleh para pedagang segera dilakukan. Ia memberikan deadline efisiensi penggunaan hingga pasca lebaran mendatang. Jika tidak bisa, ia mengancam pasar yang dihuni untuk 224 pedagang itu akan ditarik pemkab kembali.

Rencana awal, Pasar Rakyat ini nantinya akan menampung pedagang klontong, sayuran dan daging. Sebanyak 35 kios dan 189 los telah disiapkan untuk menampung para pedagang. Terutama  para pedagang yang berjualan di area teras Pasar Baru.

Untuk ukuran kios, ada dua jenis ukuran. Yang pertama adalah 2,5×2 meter dan yang berukuran  3×2 meter. Sedangkan untuk ukuran lossnya berada di angka 1,5×1 meter.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.