Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pastikan Kendaraan Layak Jalan, Puluhan Angkot di Kudus Ditempeli Stiker

0 73

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah bersama dengan jajaran Polres Kudus melakukan pemasangan stiker di terminal Getas Pejaten Kudus, Selasa (14/5/2019). Stiker tersebut sebagai tanda jika angkutan tersebut layak jalan.

Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek Dishub Jawa Tengah, Dikki Rulli mengatakan, stikerisasi ini merupakan tindak lanjut dari keluhan pengusaha angkutan AKDP. Terutama terkait dengan keluhan banyaknya angkutan yang tidak berizin yang beroperasi di jalan.

“Adanya laporan  permasalahan angkutan yang ilegal dan tidak resmi atau tidak berizin. Ini sebenarnya langkah awal kita agar kendaraan itu berizin,” katanya kepada awak media, Selasa (14/5/2019).

Dishub Provinsi Jawa Tengah bersama Dishub Kudus , dan Polres Kudus saat melakukan kegiatan pemasangan stikeri layak jalan di terminal Getas Pejaten Kudus, Selasa (14/5/2019). (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji).

Ia mengatakan, ada beberapa fungsi dari stiker yang ditempel. Pertama, menunjukkan kalau kendaraan yang ditempel stiker ini menyatakan bahwa kendaraan itu sudah berbadan hukum. Kemudian umur kendaraan masih di bawah 25 tahun.

“Buku uji juga masih berlaku atau laik jalan, STNK masih berlaku, memiliki bukti pembayaran asuransi jasa raharja, dan punya izin terayek,” beberanya.

Ia menyebutkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memasang stiker kepada 49 kendaraan angkutan yang ada di terminal Getas Pejaten. “Untuk di sini mayoritas sudah memenuhi aturan. Ini juga kegiatan ini sekaligus masyarakat mengetahui bahwa kendaraan angkutan ini layak jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kudus Abdul Halil menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk perhatia pemerintah provinsi, Kabupaten, dan Polres Kudus untuk memberikan kenyamanan berkendara pada masyarakat.

“Mudah-mudah dengan kegiatan ini nantinya kita bersama-sama menekan angka kecelekaan saat mudik lebaran nanti,” pungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.