MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wabup Kudus: Pasar Rakyat Harus Efektif Usai Lebaran

0 216

MURIANEWS.com, Kudus – Wakil Bupati Kudus, HM Hartopo mengharapkan penggunaan lapak dan kios di Pasar Rakyat di Kompleks Pasar Baru, Wergu Kulon oleh para pedagang segera dilakukan. Ia memberikan deadline efisiensi penggunaan hingga pasca lebaran mendatang.

Hingga kini sebagian besar lapak dan kios yang diperuntukkan untuk 224 pedagang masih kosong. Hal tersebutlah yang membuat Hartopo sedikit jengkel.

“Saya harapkan segera ditempati, jika tidak akan diambil alih Pemda,” ucapnya setelah meninjau kondisi Pasar Rakyat, Senin (13/5/2019) siang.

Dinas Perdagangan pun diminta ”memecut” para pedagang supaya segera menempati lapak yang disediakan. Dengan harapan proses jual beli bisa segera dijalankan di pasar yang dibangun dengan dana hibah dari pusat tersebut.

“Segera saya instruksikan untuk ditempati,” lanjutnya.

Para pedagang yang sudah mendaftar by name juga dimohonkan untuk segera menempati lapaknya. Sehingga pasar perlahan bisa difungsikan dan ramai.

“Yang kemarin sudah mendaftar diharapkan bisa segera menempati,” ucap Hartopo.

Ia menekankan, kendati belum diresmikan, pedagang diharapkan sekali lagi bisa merintis berjualan. Supaya para pedagang yang lain juga bisa mengikuti.

“Jadi tidak usah menunggu saya,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, minat dan keseriusan pedagang yang masih rendah untuk menempati pasar diduga jadi penyebab kenapa pasar yang dibangun dengan anggaran miliaran masih sepi. Sosialisasi yang kurang juga jadi penyebab selanjutnya.

Pasar Rakyat sendiri nantinya akan menampung pedagang klontong, sayuran dan daging. Sebanyak 35 kios dan 189 los telah disiapkan untuk menampung para pedagang. Terutama  para pedagang yang berjualan di area teras Pasar Baru.

Untuk ukuran kios, ada dua jenis ukuran. Yang pertama adalah 2,5×2 meter dan yang berukuran  3×2 meter. Sedangkan untuk ukuran lossnya berada di angka 1,5×1 meter.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.