MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada Bencana di Pati, Segera Lapor ke Sidina

0 141

MURIANEWS.com, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati punya terbosan baru dalam hal penangan bencana. Kali ini BPBD telah memiliki aplikasi Sistem Informasi Dini Bencana (Sidina).

Pembuatan aplikasi ini sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat untuk melaporkan kejadian bencana di wilayah Kabupaten Pati. Aplikasi ini diakui akan mempercepat proses pelaporan terjadinya bencana.

Aplikasi itu sendiri bisa dijalankan di HP berplatform Android dan dapat diunduh di Playstore. Dengan begitu seluruh masyarakat bisa mengaksesnya, tak hanya sebatas orang yang mengetahui nomor telepon BPBD saja. Sehingga setiap warga bisa melaporkan saat terjadi bencana di sekitarnya.

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, aplikasi tersebut telah dioperasionalkan sejak April 2019 lalu. Dia melihat ada banyak manfaat dengan penerapan aplikasi tersebut.

“Salah satu manfaatnya tentu dari kecepatan penyampaian informasi tersebut. Karena Kabupaten Pati cukup luas, ada 401 desa dan lima kelurahan. Dengan adanya aplikasi ini tentu semua orang lebih mudah melaporkan sehingga bisa segera kami tindak lanjuti,” katanya.

Menurutnya, aplikasi itu juga sudah terkoneksi dengan Pusat Data Dan Operasional (Pusdalops) BPBD Kabupaten Pati. Setiap laporan dari masyarakat akan masuk Pusdalops sehingga segera direspons.

“Misalkan ada bencana angin puting beliung di Pucakwangi, hingga menyebabkan pohon tumbang dan menutup jalan. Setelah dilaporkan warga, lengkap dengan foto tempat kejadian tentu kami bisa segera datang dengan membawa peralatan yang sesuai dengan kondisi di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga, Saparyati menilai, aplikasi Sidina memang penting lantaran melihat pentingnya kecepatan dan keakuratan dalam pelaporan bencana. Semakin cepat dilaporkan maka penanganan dan pengambilan kebijakan bisa segera dilakukan.

“Karena tentu setiap orang sekarang ini memiliki gawai. Dengan aplikasi itu semua orang bisa melaporkan. Penanganan juga akan lebih tepat karena bisa melihat kondisi di lapangan,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.