MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Jepara Jadi Galau Cairkan THR PNS, Ini Penyebabnya

0 1.283

MURIANEWS.com, Jepara –Pemerintah Pusat menegaskan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) paling lambat harus diserahkan pada 24 Mei 2019. Meski demikian, Pemkab Jepara menyatakan tetap akan berhati-hati, dan memilih untuk berkonsultasi lebih dulu ke Kemenpan.

Karena ada beberapa regulasi yang diakui membuat proses pencairan THR bagi ASN sulit dibayar dalam waktu dekat ini, jika tak ada jawaban dari pusat. Salah satunya terkait keberadaan perda yang menjadi payung hukum THR tersebut.

Sekda Jepara, Edi Sujatmiko menyatakan,  Pemkab Jepara tetap akan berupaya maksimal terkait ketentuan tersebut.

Pembayaran THR tahun 2019 diuapayakan tetap bisa dilakukan mengikuti arahan pemerintah pusat, yakni sudah dibayar selambatnya 24 Mei 2019. Meski demikian, pihaknya tidak mau salah langkah dalam hal ini.

“Untuk memastikan tidak ada regulasi yang ditabrak, perangkat daerah terkait akan kami minta melakukan konsultasi ke Kemenpan. Agar tidak menjadi kabar hoaks, perangkat daerah yang berhubungan langsung agar segera konsultasi ke Kemenpan,” kata Edi Sujatmiko, Senin (13/5/2019).

Dalam regulasi yang mengatur mengenai pemberian THR ini, ada satu hal yang krusial. Hal itu menyangkut landasan hukum yang harus disiapkan. Untuk pencairan THR yang didanai dari APBD disyaratkan harus ada Perda yang mengaturnya.

Padahal untuk menyusun Perda diperlukan waktu dan tahapan yang tidak cepat. Mulai dari menyusun draf, kemudian menyampaikannya ke DPRD. Dalam kaitan ini juga, ada proses-proses yang harus ditempuh di internal DPRD untuk menetapkan sebuah Perda.

“Masalahnya bersumber dari keharusan adanya Perda untuk membayar THR ini. Perda itu diamanatkan dalam PP Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian THR,” jelas Edi Sujatmiko.

Dengan situasi ini, para ASN khususnya di lingkungan Pemkab Jepara, tampaknya harus bersabar. Karena THR yang sudah ramai diperbincangkan, ternyata masih memerlukan proses cukup panjang.

Meskipun kemungkinan tetap akan bisa dicairkan, namun waktu pencairannya yang hingga kini masih belum bisa dipastikan. Semua masih menunggu jawaban dari Kemenpan RI.

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.