Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan
Iklan Saptaria PC

Pantauan Arus Mudik di Kudus Dimulai 13 Mei

0 73

MURIANEWS.com, Kudus – Persiapan dan pemantauan masa mudik Lebaran 2019 di Kabupaten Kudus sesegera mungkin akan dilaksanakan. Sesuai jadwal, Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus akan mulai memantau beberapa sektor vital terkait kesiapan mudik di Kudus per tanggal 13 Mei 2019 mendatang.

Kepala Dishub Kudus Abdul Halil menjelaskan, pihaknya sengaja mempersiapkan lebih dini kesiapan mudik di Kudus. Dengan harapan tidak ada faktor yang terlewat dan bisa menghindari hal-hal buruk terjadi saat mudik.

”Mulai Senin ini (13/5/2019) kami akan bergerak,” ucapnya.

Ia menyebutkan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait. Polres Kudus, Dishub Jawa Tengah, dan instansi terkait lainnya yang berwenang akan digandeng guna mempersiapkan masa mudik di Kudus.

”Banyak pihak akan dilibatkan. Semoga semua bisa berjalan lancar,” lanjutnya.

Pengecekan pada armada bus juga akan dilaksanakan. Pengecekan biasanya mencakup kendaraan beserta sopirnya. Kendaraan akan diperiksa kelayakan jalannya. Sedang sopir akan diperiksa kesiapan dan kesehatannya.

”Semua aspek pendukung juga akan dipastikan kesiapannya,” ucap Halil.

Halil juga mengharapkan tak ada kenaikan yang signifikan pada tiket bus. Mengingat para penumpang berasal dari golongan ekonomi yang berbeda-beda.

“Jangan sampai kelewatan jika naik,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Kapolres Kudus AKBP Saptono menyatakan siap mengamankan jalannya masa mudik di Kudus. Lima pos pam atau penjagaan akan disiapkan guna melayani masyarakat atau pemudik yang ingin bertanya atau hanya sekedar singgah untuk beristirahat.

“Salah satunya di dekat terminal Induk Jati. Pengamanan dan pendirian pos pantau akan dilaksanakan selambat-lambatnya H-7 lebaran,” tandasnya.

Terkait hal tersebut, Bupati Kudus HM Tamzil menginginkan ada rest area di kawasan Terminal Induk Jati Kudus. Fasilitas yang lengkap juga diharapkan bisa tersedia untuk memanjakan para pemudik yang ingin beristirahat.

“Dengan harapan para pemudik bisa konsentrasi lagi saat meneruskan perjalanan,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.