Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jalan Jendral Sudirman Jadi Satu Arah, Begini Tanggapan Warga

0 362

MURIANEWS,com, Kudus – Mulai hari ini Sabtu (11/5/2019) Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus memberlakukan sistem satu arah di jalan Jendral Sudirman. Hal itu dilakukan karena sering kemacetan di jalan tersebut. Lantas bagaimana tanggapan warga atau pengguna jalan?

Berdasarkan data lapangan, mereka ada yang setuju dan tak setuju dengan perubahan tersebut. Hanya saja, baik yang setuju atau tidak, justru merasa bingung dengan kebijakan pemkab. Apalagi sebelumnya jalan tersebut sudah satu arah dan dirubah menjadi satu arah pada September 2016 lalu. Kini setelah hampir tiga tahun jalan tersebut kembali satu arah. Hanya yang berbeda ada waktu tertentu yang menjadi dua arah.

Su’udi salah satu pengguna jalan mengaku setuju atas pemberlakukan sistem satu arah dari Simpang Tujuh Kudus menuju perempatan pentol. Menurutnya, selama ini sering terjadi kemacetan di jalan tersebut.

”Kalau saya setuju-setuju saja. Karena sering macet. Kalau satu arah jalannya jadi lengang. Semoga saja, perubahan ini tidak ditinjau lagi. Kasihan kita ini, malah bingung sendiri,” katanya.

Sepanduk sosialisasi arus lalulintas dipajang Dishub Kudus di jalan Jendral Sudirman, Sabtu (11/5/2019). (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji).

Senada juga diungkapkan oleh, Soki salah satu juru parkir di depan Pasar Kliwon. Dirinya menyambut baik kebijakan pemberlakuan sistem satu arah di jalan Sudirman. Sebab, dengan pemberlakukan itu arus lalu lintas tidak macet.

Malah apik sak arah, ora macet (justru bagus satu arah, tidak macet). Di sini itu sering macet, terutama di depan pasar. Terus kalau parkir, kalau searah tidak bahaya. Kalau dua arah berbahaya. Satu jalur lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Subur salah satu pengguna jalan tidak sepakat dengan pemberlakukan itu. Sebab, menurutnya penyebab kemacetan di jalan Sudirman karena penataan parkir. Ia pun berharap sistem dua arah tetap berlaku terutama bagi kendaraan roda dua.

”Tidak setuju, karena kemacetan terjad bukan karena sepeda motor, tapi karena mobil yang parkir. Menurut saya sepeda motor tetap dua jalur. Yang mobil satu satu saja,” ungkapnya.

Baca Juga: 

Ia pun berharap pemkab lebih bijak dalam melakukan kajian. Jangan sampai kebijakannya beruba-ubah. ”Kalau saya sih berharap pemkab lebih jeli. Jangan sampai beda bupati beda kebijakan. Tolong diatur sebaik-baiknya,” pintanya

Sebelumnya, Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres dan Satpol PP Kabupaten Kudus melakukan sosialisasi di sepanjang jalan Jendral Sudirman, hari ini(11/5/2019). Mereka menyosialisasikan tentang pemberlakuan sistem satu arah di jalan Sudirman.

Seperti diketahui, jalan Jendral Sudirman berlaku sistem satu arah dan dua arah. Satu arah pukul 06.00-20.00 WIB, sedangkan dua arah pukul 20.00-06.00 WIB.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.