MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Obat dan Makanan Berbahaya Masih Beredar Luas di Jepara

0 90

MURIANEWS.com, Jepara – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jawa Tengah menemukan sejumlah obat tak berizin yang masih dijual di pasaran. Hal ini terjadi saat mereka melakukan sidak ke beberapa pasar tradisional di Jepara, bersama dengan instansi lintas sektoral terkait.

Matius Kristianto Pengawas Farmasi dan Makanan di BPOM Jawa Tengah, mengatakan, hampir di semua  pasar-pasar kecamatan di Jepara ditemukan obat tak berizin dijual bebas. Di antaranya adalah jamu  dan obat yang tidak memiliki izin edar, masih dijual para pedagang.

BPOM sendiri secara rutin terus melakukan pemantauan ke seluruh wilayah di Jawa Tengah. Namun tetap saja ditemukan obat-obatan dan makanan bermasalah. Baik itu yang terindikasi menggunakan bahan yang berbahaya seperti formalin, boraks dan rodamin B, atau tidak memiliki izin edar.

“Obat-obat dan bahan makanan yang bermasalah tersebut akhirnya kami sita untuk dimusnahkan, karena berbahaya. Selanjutnya kami juga memberikan pembinaan kepada pedagang agar tidak lagi menjual obat-obat yang tidak memiliki izin atau bermasalah,”ujar Matius Kristianto, Jumat (10/5/2019).

Sementara itu staf Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, M Yusuf Zain, mengakui betapa sulitnya memberantas peredaran barang-barang tersebut. Para produsen obat atau makanan bermasalah, selalu kucing-kucingan dengan petugas.

Modusnya adalah  selalu berpindah tempat produksi. serta selalu muncul dengan nama obat yang berbeda ketika barang tersebut sudah dimusnahkan. Hal ini berulang terjadi, sehingga usaha pemberantasan peredarannya menjadi agak sulit.

“Misalkan hari ini tertangkap, maka produsen akan bikin lagi di tempat lain dengan nama obat yang berbeda,” terangnya.

Sampai saat ini BPOM beserta instansi terkait terus melakukan pengawasan dan pemeriksaan lebih lanjut. Khususnya kepada para pemasok, produsen obat atau makanan yang diduga bermasalah yang ada di area Jawa Tengah.

Di Kabupaten Jepara, BPOM sudah menyisir di  12 pasar yang ada di Jepara. Dari kegiatan itu sebanyak 3 dus  berisi sekitar 100 jenis produk obat ilegal dan jamu disita. Semuanya akan dimusnahkan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.