MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banyak Kos Jadi Tempat Mesum, Satpol PP Pati Gencarkan Razia

0 4.413

MURIANEWS.com, Pati – Terkait banyaknya pasangan ngamar di kos-kosan yang tertangkap oleh Satpol PP Pati, membuat petugas penegak perda itu harus bertindak lebih tegas. Satpol PP Pati memastikan akan menggencarkan razia serupa.

Selama Ramadan ini Satpol PP akan rutin melakukan razia di kos-kosan, salon maupun di hotel. Bahkan, usai Lebaran pihaknya juga akan terus menggalakkan razia tersebut.

Tidak hanya terhadap pasangan yang tertangkap basah sedang indehoy, tetapi juga kepada pemilik kos.

Selain itu, standarisasi kos juga bakal dpantau ketat. Mengingat semua itu juga ada regulasi yang mengatur. Sehingga, semuanya membutuhkan pengawasan.

Sekretaris Satpol PP Pati Imam Rifai mengatakan, sejauh ini sudah ada regulasi yang mengatur tentang standarisari kos. Itu sangat jelas tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Pati Nomor 8 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan.

“Dari sisi lingkungan dan kelayakan, juga ada aturannya. Namun, pemilik kos juga harus selalu mengecek apakah penghunianya sesuai dengan yang terdaftar atau tidak,” katanya, Jumat (10/5/2019).

Dia juga mengaku, saat melakukan razia di rumah kos di Desa Plangitan, Kecamatan Pati Kota, selain menemukan adanya pasangan yang sedang ngamar, juga ditemukan kondisi kos yang tidak layak.

“Tadi saya lihat kosnya tidak layak, kumuh dan kotor. Masak kos semacam ini masih disewakan. Pemiliknya seharusnya mengecek kondisi juga,” ujarnya.

Dalam perda tersebut dijelaskan, rumah kos yang memiliki lebih dari 10 kamar, harus mempunyai izin Tanda Daftar Usaha Periwisata (TDUP) dan Izin mendirikan bangunan (IMB).

Pada pasal 15 (3), juga disertakan, rumah kos itu bisa dikelola oleh usaha berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum atau perseorangan.

”Regulasinya sudah jelas. Upaya hukumnya akan kami benahi. Semua data kos-kosan sudah ada di kami. Kami juga akan melakukan tindakan untuk itu,” tandasnya.

Baca: 7 Pasang Muda-mudi Terciduk Ngamar di Kos Pati, Ada PK dan Pelajar

Sebelumnya diberitakan, Tujuh pasangan muda-mudi yang asyik ngamar di kost-kosan Desa Plangitan, Kecamatan Pati Kota, digaruk oleh Satpol PP Pati. Pada saat didatangi petugas, sebagian dari mereka ada yang asyik berduan di kamar.

“Ketika kami datangi, mereka sedang asyik di dalam kamar. Bahkan, ada juga yang satu kamar berisi satu orang cewek dan empat orang cowok,” katanya.

Tak hanya itu, setelah dilakukan pendataan, sebagian besar dari mereka ternyata masih di bawah umur. Bahkan ada juga seorang pelajar yang juga turut terciduk.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.