MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Spanduk Ucapan Bergambar Prabowo-Sandi di Pati Diturunkan Bawaslu

0 1.201

MURIANEWS.com, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati menurunkan spanduk bergambar pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Spanduk itu berisi tulisan yang mengisayaratkan ucapan selamat atas kemenangan pasangan tersebut dalam pilpres.

Penurunan spanduk dilakukan lantaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi belum mengeluarkan hasil pemilu 2019 ini.

Di dalam spanduk itu memang tertulis ucapan kepada umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Namun di bawah tulisan itu terdapat tulisan penyambutan pemimpin baru 2019-2024 agar menjadi amanah.

Pemasang spanduk mengatasnaman dirinya sebagai Keluarga Besar Barisan Nusantara Kabupaten Pati.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi menyebut, pihaknya dengan tegas melarang adanya spanduk atau deklarasi klaim kemenangan dari setiap peserta Pemilu 2019 dan simpatisan. Klaim kemenangan hanya boleh dilakukan setelah ada penetapan oleh KPU RI.

Dia juga menyebut, larangan itu sesuai dengan Surat Edaran dari Bawaslu RI nomor S-0904/K.BAWASLU/PM.00.00/4/2019. Selain itu, undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 4 tentang rekapitulasi dan penetapan Pemilu juga sangat jelas mengatur ikhwal tersebut.

“Kemarin kami juga sudah menertibkan spanduk ucapan selamat kepada salah satu capres. Kami mengajak pihak kepolisian untuk menertibkan itu,” katanya, Jumat (10/5/2019).

Menurutnya, pemasangan spanduk ucapan kemenangan yang belum waktunya itu dapat mengganggu kenyamanan publik. Selain itu, nantinya juga bisa membuat kegaduhan dalam masyarakat.

“Sehingga, langkah penertiban ini adalah sangat tepat. Kami bukannya tidak membolehkan memberikan ucapan selamat atas kemenangan peserta pemilu, tetapi itu ada waktunya sendiri. Tunggu setelah ada pengumuman resmi dari KPU RI,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.