MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bulan Puasa, Stok Darah di PMI Jepara Mulai Menipis

0 33

MURIANEWS.com, Jepara – Memasuki Ramadan, PMI (Palang Merah Indonesia) Jepara berharap masih terus bisa mendapatkan sumbangan darah dari masyarakat. Sehingga dengan begitu, stok darah yang ada tetap masih dalam kondisi ideal.

Ketua PMI Jepara, Sutedjo SS menyatakan, saat ini stok darah di PMI Jepara memang mengalami penurunan. Situasi seperti ini sudah menjadi lazim, saat masa Ramadan. Masyarakat mengurangi aktivitasnya untuk menyumbangkan darah mereka, dibading bulan-bulan biasanya.

Padahal, sudah ada fatwa dari MUI mengenai hukum menyumbangkan darah saat Ramadan. Fatwa tersebut mengatakan, menyumbangkan darah tidak membatalkan puasa.

Meski demikian, harus diakui masyarakat memang cenderung mengurangi aktivitas mendonor darah.

“Masuk Ramadan memang biasanya stok darah mengalami penurunan. Biasa terjadi. Ini memang hanya soal kebiasaan saja. Meskipun tetap ada yang mendonor, tapi jumlahnya tidak seperti biasanya,” ujarnya, Jumat (10/5/2019).

Meski diakui terjadi penipisan stok darah, tapi untuk posisi terakhir, stok darah di Kabupaten Jepara masih cukup untuk sepekan ke depan. Kebutuhan darah di Jepara mencapai kisaran 50-70 kantong setiap hari.

Jika terjadi kekurangan stok darah, biasanya PMI Jepara akan berkerja sama dengan PMI di daerah lain. Namun pihaknya yakin, kebutuhan darah masih akan bisa dicarikan oleh PMI Jepara.

“Saat puasa tahun 2018 lalu, kami masih bisa memenuhi kebutuhan darah masyarakat Jepara. Tapi pada tahun 2017, kami harus mendapatkan tambahan darah dari luar daerah, sebanyak 150 kantong. Saat itu stok di PMI Jepara benar-benar habis,” jelas Sutedjo.

Untuk stok darah yang ada di PMI Jepara, sampai hari ini, paling mengkhatirkan adalah untuk golongan AB. Dari 3 jenis darah yang tersedia di PMI Jepara, untuk golongan darah AB, jumlahnya paling sedikit.

Stok darah yang masih ada di PMI Jepara saat ini, terdiri dari tiga jenis, yakni Liquid Plasma (LP), Packed Red Cell (PRC) dan Whole Blood (WB). Untuk stok darah  jenis LP golongan A ada 42 kantong, golongan B (104), golongan 0 (107) dan golongan AB (19). Lalu untuk stok darah jenis PRC golongan A ada 30 kantong, golongan B (17), golongan O (19) dan Golongan AB (2).

Sedangkan untuk jenis darah WB, stok darah yang masih ada meliputi golongan A ada 122 kantong, golongan B (116), golongan O (52) dan golongan AB (10).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.