MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rebut 42 Kursi, PDIP Diperkirakan Kembali Kuasai DPRD Jateng

0 598

MURIANEWS.com, Semarang – PDI Perjuangan diperkirakan kembali menguasai kursi DPRD Jawa Tengah hasil Pemilu 2019. Partai berlambang banteng moncong putih ini mendapatkan 42 kursi dari total 120 kursi di DPRD Jateng.

Kondisi ini menempatkan PDI Perjuangan sebagai posisi pertama. Raihan 42 kursi ini menurut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto berdasarkan penghitungan perolehan suara secara internal dari dokumen DB 1. Perolehan ini menurutnya, juga jauh melebihi dari target yang ditetapkan.

“Target kami meraih 36 kursi di Jateng. Sehingga raihan 42 kursi dari total 120 kursi di DPRD Jateng ini melampaui target berdasarkan prediksi dari rekapitulasi penghitungan suara. Untuk hasil resminya masih menunggu KPU,” katanya dilansir Antara, Jumat (10/5/2019).

Menurutnya, kursi terbanyak yakni masing-masing lima kursi disumbangkan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng VI yang meliputi Kabupaten Sragen, Karanganyar, Wonogiri, dan Dapil Jateng VII yakni Kota Surakarta, Klaten, serta Sukoharjo.

Ia mengungkapkan, dari jumlah kursi yang diraih PDIP di DPRD Jateng tersebut, 22 kursi merupakan petahana, sedangkan 20 kursi adalah wajah baru.

Petahana yang diprediksi kembali terpilih pada Pemilu Legsilatif 2019 antara lain, Alwin Basri, Asfirla Harisanto, Dyah Kartika Permanasari, Ahmad Ridwan, Maria Tri Mangesti, dan Peni Dyah Perwitosari.

Adapun sejumlah wajah baru yang terpilih di antaranya Bambang Kusriyanto, Baginda Muhammad Mahfuz, Eko Susilo, Saiful Hadi, Juli Krisdianto, serta Pujo Widiono.

Sementara untuk posisi kedua peroleh kursi terbanyak di DPRD Jateng diraih PKB. Partai ini mendapat 20 kursi. Petahana dari PKB yang diprediksi lolos di antaranya Sukirman, Fuad Hidayat, Henri Wicaksono, dan Chamim Irfani.

Kemudian Gerindra berada di posisi ketiga, dengan 13 kursi. Disusul Partai Golkar 12 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 10 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 9 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, serta Partai Nasdem 3 kursi.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Antara

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.