MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jateng Dinobatkan Sebagai Provinsi dengan Perencanaan Pembangunan Terbaik

0 263

MURIANEWS.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Penghargaan diberikan lantaran Jateng dinobatkan sebagai provinsi dengan perencanaan pembangunan daerah (PPD) terbaik nasional 2019. Penghargaan ini merupakan buah dari reformasi birokrasi yang digalakkan Pemprov Jateng.

Jateng berhasil mengungguli 33 provinsi lain di Indonesia. Sementara posisi kedua ditempati Jawa Timur dan peringkat ketiga Sumatera Selatan.

Pada tingkat kota dan kabupaten, dua wilayah di Jateng juga berhasil jadi yang terbaik. Yakni Kota Semarang sebagai terbaik dalam kategori PPD tingkat pemerintah kota. Dan Temanggung terbaik kedua untuk PPD tingkat kabupaten.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bakal memutus rantai birokrasi yang berbelit, khususnya yang menyangkut investasi.

“Lembaga yang tidak memberikan kontribusi, saya tutup, hapus. Banyak-banyakin biaya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS.com.

Dengan perencanaan pembangunan yang jelas, Joko Widodo berharap program yang akan dilakukan Pemerintah Pusat hingga provinsi maupun kabupaten/kota akan memberi dampak nyata pada kesejahteraan masyarakat. Jokowi menyebut akan tancap gas melakukan penataan begitu ditetapkan sebagai pemenang dalam Pilpres oleh KPU.

“Lima tahun ke depan, mohon maaf, saya sudah enggak ada beban. Saya sudah enggak bisa nyalon lagi. Jadi apapun yang terbaik untuk negara akan saya lakukan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jateng Prasetyo Aribowo menyebut, penghargaan diterima Jateng berkat reformasi birokrasi yang digalakkan Ganjar Pranowo.

“Jateng unggul dari sisi perencanaan, inovasi, penurunan kemiskinan, integrasi program dan kelembagaan yang efektif dan reformatif,” katanya.(lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.