MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diperkirakan Sedot Dana Rp 35 M, Pemkab Jepara Siap Bayar THR ASN

0 168

MURIANEWS.com, Jepara – Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Jepara, siap dibagikan. Sebanyak 8.295 ASN di kabupaten ini tunjangan tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jepara, Lukito Sudi Asmara, menyatakan, pihaknya masih menunggu. Mekanisme pencairan THR dan Gaji Ke-13 akan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Kebijakan dari pemerintah tersebut, sudah tercover di dalam APBD 2019 ini. Baik itu THR maupun gaji ke-13, sudah ada di dalam anggaran. Meski demikian masalah jumlah yang akan diberikan, tetap masih akan menunggu peraturan dari Pemerintah Pusat.

“Besarannya kan masih belum dipastikan. Artinya komponen gaji yang akan diberikan itu belum ada petunjuknya. Apakah hanya gaji pokok atau termasuk tunjangan-tunjangannya. Itu yang masih ditunggu,” ujar Lukito Sudi Asmara, Kamis (9/5/2019).

Sementara itu, Kabid Anggaran di BPKAD Jepara, Sulistiyo mengatakan, untuk besaran angka yang akan diberikan memang belum ada kejelasan dari Pemerintah Pusat. Namun semua kemungkinan sudah diakomodir di dalam APBD Jepara.

Sesuai dengan yang sudah ditetapkan di APBD 2019, untuk keperluan belanja pegawai seluruhnya mencapai Rp 620 miliar. Angka tersebut sudah mencakup untuk keperluan gaji para ASN dan CPNS baru yang baru saja direkrut.

“Jika diperhitungkan pada pagu anggaran tahun 2018, maka kisaran jumlahnya lebih dari Rp30 Miliar. Tahun ini ada sekitar 400-an CPNS yang baru direkrut dan juga harus mendapatkan hak yang sama,” katanya.

Kemungkinan untuk tahun 2019 ini, kebutuhan anggarannya akan berkisar pada angka Rp 35 miliar atau bahkan lebih. Jumlahnya akan bergantung pada komponen yang akan dibayarkan. Apakah hanya gaji pokok atau sebesar take home pay yang didapatkan para ASN.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.