Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Penghuni Panti Sosial Sono Rumekso Purwodadi Antusias Ikuti Kajian Agama Selama Ramadan

0 74

MURIANEWS.com, GroboganKajian ilmu keagamaan ternyata juga diberikan secara rutin bagi puluhan penghuni Panti Sosial Sono Rumekso Purwodadi. Terlebih, pada bulan Ramadan seperti saat ini, acara kajian agama Islam biasa dilakukan sepekan sekali.

“Saya sudah dua tahun ini mengisi kajian di Panti Sono Rumekso. Sejauh ini, memang banyak kendalanya tetapi lama-lama bisa diatasi,” kata Zaenal Arifin, pegawai Kemenag Grobogan yang bertugas di KUA Purwodadi, Kamis (9/5/2019).

Menurut Arifin, penghuni panti yang berada di samping kantor Inspektorat Grobogan tersebut sebagian besar adalah orang dengan gangguan kejiwaan. Beberapa penghuni lainnya merupakan gelandangan.

Awalnya, memang cukup sulit mengajak penghuni panti untuk mengikuti kajian agama. Namun, dengan kesabaran yang tinggi dan bimbingan khusus dari petugas, para penghuni panti akhirnya bisa diajak mendengarkan kajian. Bahkan, lama-lama mereka makin antusias untuk mengikuti kajian agama rutin yang dilangsungkan di aula panti tersebut.

“Kajian di sini materinya sederhana. Seperti hafalan surat pendek, pelajaran salat, dan puasa serta doa-doa. Sebagian penghuni panti mengaku sudah ikut puasa,” katanya.

Pengelola Panti Sosial Sono Rumekso Tasis mengatakan, warga binaan yang ditampung di rumah binaan tersebut umumnya belum seratus persen sembuh. Namun, sebagian dari mereka sudah melakukan ibadah puasa seperti orang lain pada umumnya.

Selain melakukan pengobatan, pihaknya juga memberikan siraman rohani kepada warga binaannya. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengundang ulama agar dapat mengajari para warga binaannya tentang mengaji dan tata cara beribadah yang baik dan benar.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.