MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

183 Desa di Pati Belum Cairkan Dana Desa

0 357

MURIANEWS.com, Pati – Setidaknya ada 183 dari 401 desa di Kabupaten Pati yang hingga saat ini belum mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama. Padahal, target pencairan DD tahap pertama itu rampung pada Maret 2019 lalu.

Pasalnya pada bulan berikutnya ditargetkan proses pengajuan proposal DD tahap dua. Kabid Pengembangan Desa Dispermades Pati Sunaryo mengatakan, 183 desa yang belum mengajukan pencairan DD tahap pertama, akan diberikan waktu tambahan hingga awal Juni 2019 mendatang.

Dia juga mengatakan, semua tahapan sudah dilaksanakan. Mulai dari pengesahan peraturan bupati (perbup) sebagai payung hukum, sosialisasi kepada semua desa dan pencairan ke rekening desa.

“Semuanya memang membutuhkan proses. Anggarannya sudah ditransfer ke rekening desa. Namun dana tersebut belum bisa dicairkan kalau desa belum mengajukan. Kalau desa sudah mengajukan dan berkasnya lengkap, maka pencairan DD bisa dilakukan,” katanya, Kamis (9/5/2019).

Menurutnya, anggaran DD yang dikucurkan ke Pati tahun ini mencapai Rp 417 miliar. Sedangkan untuk pencairan tahap awal ini angarannya sebanyak Rp 83 miliar. Pihaknya mengaku terus mendorong desa yang belum mengajukan.

“Sistemnya seperti pencairan 2018 lalu. Desa harus mengalokasikan 30 persen DD untuk kegiatan pembangunan padat karya tunai. Selain itu di dalam APBDes harus melampirkan data penduduk pengangguran, setengah pengangguran, disabilitas dan warga marjinal atau miskin. Tujuannya agar warga tersebut bisa diberdayakan dengan DD sehingga mendapatkan penghasilan,” terangnya.

Sunaryo menambahkan, anggaran DD untuk setiap desa berbeda-beda. Ada yang mencapai Rp 2 miliar untuk satu desa, ada juga yang tidak sampai Rp 1 miliar. Hal itu tergantung kondisi dan kategori masing-masing desa.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.