MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemudik Diprediksi Tetap Menumpuk di Brexit, Sistem One Way Disimulasikan

0 54

MURIANEWS.com, Semarang – Pihak kepolisian memprediksi pintu tol Brebes Timur (Brexit) tetap akan menjadi pusat kemacetan pada musim mudik Lebaran 2019. Meski demikian, polisi memastikan telah siap melakukan penanganan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyatakan, di Jawa Tengah ada 24 pintu keluar tol Trans Jawa. Meski demikian, pihaknya memprediksi pemudik akan lebih banyak keluar melalui Pejagan, Brebes Barat dan Brexit.

Jalur ini diperkirakan tetap akan menjadi favorit pemudik yang akan menuju ke selatan seperti Banyumas, Purbalingga, Wonosobo. Bahkan, pintu keluar Colomadu Karanganyar juga menjadi favorit menuju Solo dan Yogyakarta.

“Oleh karena itu, petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk pengaturan di titik titik itu,” katanya.

Titik-titik yang berpotensi menjadi trouble spot juga tengah diidentifikasi. Untuk ruas tol, trouble spot diperkirakan terjadi di pintu tol. Kini tengah diuji coba kegiatan proaktif agar pemudik tidak terkunci di satu pintu saja.

Penambahan rest area juga dinilai perlu. Sebab terdapat ruas 174 kilometer tidak ada rest area, serta 194 kilometer tidak ada pom bensin.

Sementara, trouble spot setelah exit tol antara lain lampu traffict lightsetelah keluar tol, penyempitan jalan, pasar tumpah, U-turn, SPBU, dan restoran.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan simulasi sistem one way atau jalur satu arah saat mudik Lebaran 2019. Rencananya, simulasi ini akan dilakukan pekan depan. Simulasi satu arah dilakukan di ruas jalan tol tepatnya di Pejagan hingga Brexit.

“Satu arah tol di Jateng pemudik itu berangkat dari Jakarta sampai dengan Jawa Barat rencananya akan satu arah sampai pejagan atau Brebes Timur ke barat. Ini masih pengkajian, dan miggu depan disimulasikan,” terangnya.

Menurut Kapolda, jangan sampai satu arah di ruas tol mengakibatkan bebannya masuk di jalur selatan Bumiayu-Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Terlebih, kondisi ruas jalan di jalur selatan sempit karena 600 meter sedang dicor.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.