MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Di Kota Semarang Ada ATM Beras, Khusus untuk Warga Miskin

0 223

MURIANEWS.com, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang meluncurkan program yang cukup inovatif, yakni ATM beras. Jika mesin ATM lain bisa mengeluarkan uang, ATM ini khusus mengeluarkan beras.

Untuk mengeluarkan beras ini, pengguna harus memasukkan kartu yang bentuknya sama seperti ATM. Namun yang bisa mengakses ATM beras ini tak semua orang. Hanya warga kurang mampu di Kota Semarang yang diizinkan.

Mesin ATM beras ini telah diluncurkan pada Selasa (7/5/2019) kemarin. Untuk saat ini ada lima mesin ATM beras yang ada di kota ini, dan semuanya berada di masjid-masjid yang ada di Kota Semarang.

Salah satunya di Masjid Al Iman di Jalan Mugassari Barat XI, Kelurahan Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan.

“Mesin ini buatan alumni ITB, dan setiap mesin ATM kapasitasnya 240 kg. ATM ini diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Selain Majid Al Iman, tempat lain yang dipasangi mesin ATM beras yakni di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Palebon, Masjid Al Huda Kelurahan Mangkang Kulon, Masjid Baitul Makmur Kelurahan Kuningan, dan Masjid Al Huda Kelurahan Tandang.

Setiap mesin ATM akan mendapat alokasi sebanyak satu ton beras setiap bulan dari Pemkot Semarang. Alokasi tersebut pun dapat dipergunakan untuk membantu 100 orang.

“Masyarakat kurang mampu bisa menarik beras itu tiap minggu, sekali menarik 2,5 kilogram atau 3 liter. Jadi, per bulan warga penerima akan mendapatkan alokasi 10 kilogram,” jelas Hendi.

Melalui program ini, Hendi berharap agar penyaluran beras menjadi lebih praktis, lebih efisien, dan masyarakat yang ada di sekitar masjid bisa lebih terbantu.

Hendi berharap untuk tahun 2020 warga sekitar sudah berswadaya untuk donasi beras ke mesin ATM. Sehingga masyarakat yang membutuhkan bisa tercukupi dan menumbuhkan tenggang rasa antartetangga.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.