MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Berkah Ramadan, Pengrajin Kubah Mundri Masjid di Grobogan Banjir Pesanan

0 77

MURIANEWS.com, GroboganDatangnya bulan suci Ramadan membawa berkah bagi para pengrajin kubah mundri masjid. Di mana, pesanan untuk membuat kubah mundri ada peningkatan hingga 50 persen.

“Menjelang bulan puasa memang ada peningkatan pesanan. Selain pesanan langsung dari para pengurus musala dan masjid, saya juga menerima pesanan dari para agen toko material,” kata Solikin (56), pengrajin kubah mundri dari Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo.

Solikin sudah sekitar 20 tahun bekerja jadi pembuat kubah mundri. Keahlian membuat kubah ini didapat secara turun temurun dari ayahnya.

Solikin, warga Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo sedang mengerjakan pesanan kubah mundri masjid di rumahnya. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Selama ini, ada tiga model kubah mundri yang dibuat . Yakni, mundri model bintang, masjid demak dan putar. Saat ini, mundri model putar yang lagi banyak diminati dan dipesan orang.

Harga jual tiap kubah mundri berkisar Rp 500 ribu hingga diatas Rp 2 juta tergatung ukuran. Untuk kubah musala ukurannya paling kecil dengan diameter 30 centimeter. Sedangkan paling besar diameternya bisa sampai 1 meter dan biasanya untuk masjid.

Dalam pembuatan kubah, Solikin dibantu seorang karyawan. Pembuatan kubah untuk ukuran kecil biasanya bisa diselesaikan dalam waktu satu hari.

“Kalau dirata-rata, dalam satu bulan bisa bikin 20 an kubah mundri berbagai ukuran,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.