Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pantau Harga Bawang, Dinas Perdagangan Kudus Sidak Pasar Bitingan

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bitingan, Rabu (8/3/2019). Mereka melakukan pemantauan terhadap harga bawang putihyang terbilang masih mahal dan sempat mencapai Rp 90 ribu.

Dari pantauan di lapangan, sidak langsung dipimpin Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudharti. Pada kesempatan itu, ia mengecek pasokan dan harga bawang putih di pasar Bitingan Kudus. Hasilnya, mulai hari Rabu ini sudah merangsek turun. Apalagi, pasokan bawang putih di Kudus sudau berdatangan.

”Memang kemarin bawang putih di Kudus ini langka bahkan tidak ada. Karena masyarakat maunya bawang putih jenis kating bukan jenis cinco,” jelasnya kepada awak media.

Ia mengatakan, untuk mengatasi semakin mahalnya harga bawang putih pemerintah sudah mendatangkan bawang putih. Oleh karena itu, ia yakin dalam waktu dua pekan harga bawang putih sudah stabil.

”Pemerintah saat ini sudah melakukan impor. Dan sudah ada yang masuk di Kudus. Sehingga stok bawang putih di Kudus sudah ada pasokannya. Saya yakin dua minggu nantinya harganya sudah normal kembali,” terangnya.

Sudiharti menjelaskan bahwa harga bawang putih sebelumnya sempat meroket tinggi. Bahkan harga bawang putih diharga Rp 90 ribu. Padahal harga normalnya Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu.

”Untuk itu kami harapkan distribusi harus lancar. Karena bawang putih di Indonesia di Kudus ini 95 persen masih impor. Indonesia hanya bisa memenuhi 5 persen saja. Itu saja untuk pembibitan,” ungkapnya.

Sementara itu, Tarsono salah satu pedagang mengatakan, bawang merah di Pasar Bitingan Kudus sempat kosong beberapa hari. Sehigga harga bawang putih sempat naik diharga Rp 90 ribu.

”Hanya mulai kemarin stok bawang putih sudah ada. Sehingga hari ini harganya kembali normal diharga Rp 50 ribu. Namun ada yang Rp 46 ribu ada yang Rp 48 ribu,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...