Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Awal Ramadan, Harga Bawang Putih di Pati Masih Tinggi

0 92

MURIANEWS.com, Pati – Memasuki hari ke-3 Ramadan, harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pati masih tinggi. Harga bawang putih dengan kualitas standar dijual dengan harga sekitar Rp 48 ribu per kilogram. Sementara bawang besar harganya mencapai Rp 60 ribu/kilogram.

Tingginya harga bawang ini menjadi kekhawatiran bagi para pembeli. Mereka khawatir saat Lebaran nanti harga bawang justru melonjak lebih tinggi.

“Sedangkan yang kualitas kating (impor dari China) bahkan bisa sampai Rp 60 ribu. Padahal awalnya hanya Rp 27 ribu saja perkilogramnya,” kata Yuliati, pedagang di Pasar Rogowongso Pati, Rabu (8/5/2019).

Dia menambahkan, kenaikan harga bawang putih itu sudah terjadi sejak sepekan terakhir ini. Meskipun sempat mengalami penurunan, namun harga bawang putih itu masih cukup tinggi. Penyebabnya sendiri diduga karena pasokan stoknya yang jauh berkurang.

“Memang tidak akan mempengaruhi pembeli. Karena dengan harga berapapun mereka tetap membutuhkan. Tapi kalau biasanya membeli satu kilogram, kini dikurangi menjadi setengah kilo saja,” ujarnya.

Kenaikan harga bawang putih itupun turut dirasakan oleh Imam, pedagang lain yang ada di Pasar Rogowangsan. Dia mengatakan beberapa waktu lalu bahkan diakuinya sempat sulit mendapatkan stok bawang putih.

“Sekarang ini sudah ada sedikit penurunan harga meskipun masih tinggi dibandingkan harga sebelumnya,” tandasnya.

Selain itu, sejumlah harga kebutuhan lain juga diakuinya turut mengalami kenaikan. Seperti telur mengalami kenaikan Rp 1 ribu kini menjadi Rp 23 ribu per kilogram. Bawang merah juga naik Rp 2 ribu per kilogram, dari awalnya Rp 18 ribu kini menjadi Rp 20 ribu.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.