Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Siapkan Rp 30 Miliar untuk THR PNS di Kudus

0 230

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus menyiapkan anggaran sebesar Rp 30 miliar guna keperluan Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kudus. Jumlah tersebut lebih sedikit dari tahun sebelumnya, yang mencapai Rp 35 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono mengatakan hal tersebut. Eko menjelaskan, penurunan alokasi disebabkan karena banyaknya pegawai yang pensiun pada tahun ini.

”Pengurangan tersebut karena jumlah pegawai berkurang,” kata Eko dikantornya, Selasa (7/5/2019) siang.

Untuk teknis pencairan, Eko menjelaskan kendati anggaran sudah tersedia pencairannya akan menunggu turunnya peraturan dari Menteri Keuangan (Menkeu) atau peraturan pemerintah yang mengatur tentang pencairan THR bagi PNS. THR nantinya akan ditransfer ke rekening para pegawai.

“Ketika belum ada arahan dari pemerintah pusat maka belum bisa dicairkan,” ucapnya.

Sedang terkait waktu, ketetapan atau peraturan pengatur tersebut kemungkinan besar keluar akhir Mei. Sehingga pencairan tak jauh-jauh dari setelah dikeluarkannya peraturan.

“Kami masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat,” tambahnya.

Eko menambahkan, THR pegawai akan berjumlah sesuai gaji pokok PNS sekaligus tunjangan yang menyertainya. Hanya, petunjuk dari pusat mengatur THR untuk gaji pokok saja.

“Hanya jika dengan tunjangannya, kami sudah siapkan anggarannya,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus, Yuliono Tri Nugroho menerangkan, hingga kini, jumlah PNS yang berada di lingkungan Pemkab Kudus mencapai 7.386. Jumlah tersebut sudah termasuk ASN yang baru saja direkrut kemarin.

”Jumlah ASN yang baru direkrut tahun ini sebanyak 412 orang,” jelasnya.

Soal pemberian THR, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat. Apakah ASN yang baru di rekrut bisa langsung mendapatkan THR atau tidak. Hanya untuk gaji, Pemkab Kudus telah memberikan mulai Mei tahun ini.

”Kalau gaji sudah mendapatkan, untuk pemberian THR, masih menunggu petunjuk dari pusat,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.