Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di Pati Ada 70 Calon Haji Tak Lunasi BPIH, Begini Akibatnya

MURIANEWS.com, Pati – Setidaknya ada 70 calon jemaah haji di Kabupaten Pati yang tidak melunasi kekurangan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap pertama. Akibatnya 70 kursi atau kuota yang tidak melunasi pembiayaan itu, dikembalikan ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pati, Abdul Hamid mengatakan, saat ini tahapan kesiapan haji sudah memasuki tahapan pelunasan BPIH tahap kedua. Yakni untuk lansia dan penggabungan mahram.

“Jadi yang dilakukan pemanggilan untuk pelunasan tahap pertama sebanyak 1.109 orang. Namun untuk tahap satu memang diketahui ada 70 orang yang tidak melakukan pelunasan,” katanya, Selasa (7/5/2019).

Puluhan orang itu tak melakukan pelunasan karena banyak faktor. Seperti sejumlah jemaah yang meninggal dunia, sakit, masih kuliah maupun memilih untuk menunggu suami atau istri berangkat ke Tanah Suci tahun berikutnya.

“Karena tidak melakukan pelunasan. maka 70 kuota itu kami kembalikan ke Kanwil Jawa Tengah. Karena memang kuota menjadi kewenangan provinsi. Barulah setelah itu dibagi lagi ke kabupaten/kota sesuai nomor urut porsinya,” ujarnya.

Dari pembagian ulang kuota yang dikembalikan itu, Pati kembali mendapat tambahan alokasi sebanyak 43 kursi. Kursi tambahan ini akan diberikan kepada calon jemah yang sudah masuk antrean dan memenuhi kriteria.

Selain kesiapan pelunasan, calon jemaah juga masih melakukan kesiapan lainnya. Seperti pemeriksaan kesehatan haji, penyelesaian paspor, foto biometric visa, vaksin meningitis dan influenza, orientasi bimbingan manasik haji dan pelunasan BPIH tahap kedua.

“Untuk tambahan 43 itulah yang kami panggil untuk pelunasan tahap kedua. Saat ini pelunasan tahap kedua masih berlangsung hingga 10 Mei 2019 mendatang,” terangnya.

Selain itu, untuk perlengkapan jemaah seperti koper dan tas juga juga sudah ada di Kemenag Pati, dan siap untuk didistribusikan ke jemaah.

Sementara itu, terkait perkiraan keberangkatan sendiri diakuinya untuk Kloter Pertama Embarkasi Solo direncanakan akan berangkat pada 7 Juli 2019 mendatang. Namun untuk kepastian jemaah asal Pati diakuinya belum diketahui.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...