Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ngabuburit Asyik di Kampung Ramadan Tjempaka Dukuhseti Pati

MURIANEWS.com, Pati – Selama puasa, banyak orang yang mencari tempat khusus untuk menghabiskan waktu sembari menunggu bedug Maghrib. Mereka menyebutnya dengan ngabuburit. Di Kabupaten Pati, ada kampung khusus, yang siap digunakan sebagai sarana ngabuburit yang asyik.

Nama tempatnya yakni Kampung Ramadan Tjempaka yang berada di Dukuh Cepoko, Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Pati.

Berbagai makanan ringan makanan siap saji dan makanan tradisional akan disajikan dalam tempat tersebut. Tak lupa pula berbagai sajian es yang dapat menyegarkan saat berbuka puasa juga semuanya ada di Kampung Tjempaka itu.

Yusron Afifi selaku panitia menuturkan, pembuatan Kampung Ramadan ini merupakan kreativitas dari para pemuda Desa Ngagel. Mereka berinisiatif untuk meramaikan desa dengan membuat sajian kuliner saat menjelang buka puasa.

“Jadilah kampung Ramadan ini yang disupport para pedagang desa setempat. Mereka iuran untuk mendirikan lapak dan kemudian pada sore hari dagangnya dipasarkan pada para pengunjung,” katanya.

Dirinya menuturkan konsep Kampung Ramadan ini juga menyediakan foodcort, photo booth, tempat sampai para pengunjung dan berbagai fasilitas lain. Ini dilakukan agar para pengunjung betah dan menikmati suasana Kampung Ramadan yang sudah disediakan.

“Kita juga menyediakan fasilitas untuk pengunjung bagi yang ingin berbuka puasa di sini.” jelas Yusron Afifi.

Ia menyebut jika beberapa pedagang merasa senang dengan adanya Kampung Ramadan ini, meskipun waktu penjualan buka lapak para pedagang relatif pendek.

“Mereka hanya buka jam 15.00 hingga pukul 18.00 WIB, karena ada ada tarawih. Kemungkinan nanti misalkan sudah berjalan, nanti kita bisa buka usai tarawih hingga malam,” bebernya.

Meskipun bisa dibilang acara musiman, namun kegiatan ini dinilai bisa meningkatkan dari pendapatan secara ekonomi masyarakat khususnya masyarakat Dukuh Cepoko. Disisi lain, Kampung Ramadan ini juga untuk ajang promosi produk-produk masyarakat setempat.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...