Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Raih 10 Kursi, PPP Jepara Ambil Alih Parlemen 

0 898

MURINEWS.com, Jepara – Setelah diselesaikannya Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Jepara, sejumlah Partai Politik (Parpol) yang diperkirakan akan mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Jepara mulai terlihat. Di luar dugaan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diprediksi akan kembali mengusai parlemen Jepara.

Dari rekapitulasi suara yang sudah diselesaikan KPU, PPP diperkirakan mendapatkan 10 kursi di Parlemen Jepara. Sedangkan PDIP yang berjaya di dua pemilu sebelumnya, pada 2019 ini hanya mendapatkan 8 kursi. Jumlah ini berkurang dibanding hasil Pemilu 2014 lalu, yang mencapai 10 kursi.

Hasil berkebalikan dari PPP, kemungkinan akan dialami oleh Partai Gerindra Jepara. Pada Pemilu 2019 ini mereka hanya mendapatkan 5 kursi di DPRD Jepara. Jumlah ini tentu sangat buruk, jika dibandingkan dari hasil Pemilu 2014 lalu. Di mana Gerindra mampu meraih 8 kursi.

Sementara itu Nasdem mencetak hasil signifikan. Mereka hampir pasti akan mendapatkan 7 kursi di parlemen. Jumlah perolehan ini jelas cukup bagus, karena pada Pemilu 2014 mereka hanya mendapatkan 5 kursi.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jepara juga hampir pasti mendapatkan hasil cukup bagus pada 2019 ini. Mereka diperkirakan akan mendapatkan 6 kursi.  Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pada hasil Pemilu 2014, yang menghasilkan 5 kursi.

Partai Golkar yang pada pemilu 2014 mendapatkan 5 kursi bersama Nasdem dan PKB, tahun 2019 ini hanya mendapartkan 4 kursi di Parlemen. Demikian juga dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Mereka kehilangan satu kursi, karena tahun 2019 ini mereka hanya berhasil mencetak 2 kursi saja untuk Parlemen Jepara.

Lalu, PKS, Hanura dan Demokrat, tahun 2019 ini hampir pasti mengalami stagnan. PKS dan PAN hanya tetap memperoleh 2 kursi. Sementara Hanura hanya mendapatkan 1 kursi. Sedagkan partai baru  Perindo berhasil meraih 2 kursi pada Pemilu 2019 ini. Lainnya, Partai Berkarya dapat 1 kursi.

Meski demikian, hasil-hasil tersebut secara resmi masih akan menunggu keputusan KPU Jepara. Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyatakan, untuk hasil perolehan kursi DPRD Jepara, secara resmi akan disampaikan pada 22 Mei mendatang.

Untuk saat ini pihak KPU Jepara belum menyampaikan apapun terkait dengan perolehan kursi ini. Namun jika dari hasil rekapitulasi ini sudah ada perkiraan-perkiraan mengenai siapa saja yang mendapatkan kursi, hal itu bukanlah dari keputusan resmi KPU Jepara.

“Ya kalau ada yang mengolah  dari hasil rekapitulasi penghitungan suara yang sudah dilakukan, silahkan saja. Tapi kalau ada kekeliruan atau hasil yang berbeda, tentu bukan kesalahan kami,” ujarnya, usai Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kabupaten Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.