MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hasil Rekapitulasi KPU, Jokowi Menang Telak di Jepara

0 316

MURIANEWS.com, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara berhasil menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten, pada Minggu (05/05/2019) dini hari. Hasilnya, perolehan suara Jokowi-Ma’ruf unggul telak dari pesaingnya Prabowo-Sandi.

KPU Jepara melakukan rekapitulasi penghitungan suara mulai Jumat (03/05/2019) secara marathon. Proses ini baru berakhir pada Minggu (05/05/2019) dini hari sekitar jam 02.30 WIB. Rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan aman, dengan ratusan polisi dan TNI yang berjaga.

Pasangan calon presiden (Capres) nomor urut 01 dipastikan mendapatkan 595.368 suara. Sedangkan pasangan Capres nomor urut 02 hanya mendapat 114.668 suara.

Sementara itu, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya di Jepara tercatat sebanyak 733.932 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 710.036 suara dinyatakan sah, dan 23.896 suara dinyatakan tidak sah.

“Jumlah pemilih tersebut terdiri dari pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), kemudian jumlah pemilih dalam DPTb, dan jumlah pemilih dalam DPK,” ujar Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie, Minggu (05/05/2019).

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyebutkan, dari data-data yang ada dalam rekapitulasi penghitungan suara, terjadi lonjakan tingkat partisipasi masyarakat. Kendati KPU Pusat menargetkan tingkat partisipasi sebesar 75persen, namun capaiannya di lapangangan mencapai sekitar 82 persen.

“Tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Jepara pada Pilpres tahun ini mampu melampaui target nasional. Yaitu sebanyak 82 persen. Pertisipasi itu meningkat jika dibandingkan dengan Pilpres sebelumnya,” tambah Subchan Zuhrie.

Pada Pilpres tahun 2009 tingkat partisipasi masyarakat mencapai 70 persen, kemudian meningkat menjadi 73 persen pada 2014. Sedangkan tahun ini ditargetkan tingkat partisipasi bisa mencapai 75 persen.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

 

CATATAN REDAKSI:

Angka perolehan suara pasangan calon presiden yang dimunculkan dalam berita ini mengalami perubahan. Ini terjadi karena terdapat kesalahan dalam proses mengutip angka.

Oleh karenanya, redaksi sudah melakukan perbaikan atas kesalahan pencantuman angka tersebut. Redaksi MURIANEWS.com meminta maaf atas ketidaknyamanan ini.

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.