MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemudik ke Jateng Diperkirakan Capai 8,9 Juta Orang, Pemprov Siapkan 207 Bus Gratis

0 112

MURIANEWS.com, Semarang – Jumlah pemudik Lebaran tahun ini yang masuk ke wilayah Jawa Tengah diperkirakan akan mengalami oeningkatan dibanding tahun lalu. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng memprediksi kenaikannya mencapai 11,5 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Sri Puryono mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan lonjakan pemudik yang masuk ke Jateng. Apalagi seluruh jalan di Jateng juga diklaim sudah siap, termasuk keberadaan tol Trans Jawa yang mempermudah pemudik.

“Pemudik masuk Jateng diprakirakan naik sekitar 11,5 persen dari tahun sebelumnya. Jalur nasional juga harus diperhatikan karena tidak semua pemudik menggunakan jalur tol,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau agar pemudik menggunakan moda transportasi umum. Sehingga dapat menekan jumlah kendaraan yang setiap tahun meningkat saat arus mudik.

Sementara itu, Kasi Angkutan Orang Dalam Trayek Dishub Jateng, Bangun Adi mengatakan, dengan kenaikan 11,5 persen, jumlah pemudik yang masuk ke Jateng diperkirakan mencapai 8,9 juta orang.

“Kalau tahun lalu jumlah pemudik sekitar 8,03 juta orang. Transportasi darat diperkirakan tetap mendominasi, karena adanya jalan tol,” katanya kepada wartawan.

Selain itu, sejumlah pemerintah daerah dan sejumlah perusahaan juga menggelar mudik gratis. Salah satunya yang digelar Pemprov Jateng, yakni sebanyak

Ia menyebut pemprov Jateng menyiapkan 207 bus mudik gratis. Ratusan bus ini akan mengangkut para pemudik asal Jateng dari Jakarta yang akan berangkat dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 1 Juni 2019 mendatang.

Selain bus, pemprov juga menyediakan tiga rangkaian kereta untuk mudik gratis dengan tujuan Senarang, Kutoarjo dan Solo. Kereta gratis ini akan diberangkatkan pada 2 Juni 2019.

Ia menyebut, warga Jateng di Jakarta bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis ini. Sehingga bisa membantu pemudik, serta mengurangi kepadatan kendaraan saat musim mudik dan balik Lebaran 2019.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.