MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cilacap Diguncang Gempa Berkekuatan 4,4 SR

0 93

MURIANEWS.com, Cilacap – Wilayah di sekitar Kabupaten Cilacap, Sabtu (4/5/2019) pagi tadi diguncang gempa bumi dengan kekuatan mencapai 4,4 Skala Richter (SR). Pusat gempa berada di luat, meski demikian gempa ini disebut tak berpotensi menyebabkan tsunami.

Kepala Stasiun BMKG Banjarnegara Setyoadji Prayoedhie dilansir Antara menyebut, gempa bumi terjadi pada pukul 07.45 WIB. Gempa itu menurut dia, disebabkan adanya aktivitas subduksi di selatan Pulau Jawa.

Ia menyebut, pusat gempa berada di laut pada koordinat 8.48 Lintang Selatan dan 108.85 Bujur Timur. Atau sekitar 85 kilometer barat daya Cilacap, pada kedalaman hiposenter 20 kilometer.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di wilayah Cilacap II MMI, Pangandaran I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Bumi tersebut,” katanya.

Selain itu, berdasarkan data yang dihimpun BMKG, diketahui bahwa sebagian masyarakat Cilacap dan sekitarnya dikejutkan dengan adanya goncangan gempa tersebut.

Sementara itu, dia juga mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas subduksi di Selatan Pulau Jawa.

“Hingga saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” ujarnya.

Kendati demikian, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi melalui berbagai akun media sosial BMKG,” pungkasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Antara

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.