MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Komunitas Ligan Wakili Kudus di Even Pakudjembara

0 49

MURIANEWS.com, Kudus – Komunitas Ligan, digandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus guna mewakili Kota Kretek dalam event tahunan Pakudjembara. Apalagi Kudus menjadi tuan rumah di even bergengsi tersebut.

A Vague Story of Ranggana, Bregada Merudhandha adalah sendratari yang akan ditampilkan Komunitas Ligan pada acara yang digelar Sabtu (4/5/2019). Dengan harapan bisa menghilangkan anggapan kebudayaan lokal Kudus yang dicomot dari Arab.

Dian, selaku pimpinan produksi senderatari menyatakan hal tersebut. Sendratari yang akan ia tampilkan bersama teman-temannya juga diharapkan bisa menjadi wajah baru kebudayaan Kudus.

“Kami akan menampilkan semaksimal mungkin,” ucapnya.

Tahun ini, Pakudjembara memang diperlombakan. Enam Kabupaten yakni Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang, dan Blora akan beradu kreatifitas dan memperebutkan satu tiket menunu Prambanan. Perwakilan dari enam Kabupaten akan bersaing dengan perwakilan karisidenan lain nantinya.

“Karena itulah kami akan bersungguh-sungguh,” ucapnya.

Sementara terkait konsep A Vague Story of Ranggana, Bregada Merudhandha lebih ditekankan pada sejarah sebelum menjadi Kota Kudus. Kerjasama dengan sejarawan pun dibangun guna memperdalam konsep sendratari lantaran jejak literasi sejarah di era sebelum para sunan sangat sulit.

“Kami telah mendalami itu dan siap menampilkan yang terbaik untuk Kota Kretek,” lanjutnya.

Sebelumnya, Even Pakudjembara bakal ‘nimbrung ‘ acara sehari sebelum gelaran visualisasi dandangan 2019 dimulai. Pakudjembara sendiri akan mendatangkan sejumlah pelaku seni dari Kabupaten Pati, Kudus, Demak, Jepara, rembang dan Blora.

Pakudjembara akan dimulai Sabtu sore pada tanggal (4/5/2019). Sedang visualisasi dandangan akan dimulai pada Minggu pagi tanggal (5/5/2019).

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.